Jakarta (ANTARA) - Apple telah merilis Final Cut Pro untuk iPad 2 dan Final Cut Camera, di mana kedua aplikasi tersebut sebelumnya diumumkan pada acara iPad perusahaan pada bulan Mei. 

Dikutip dari TechCrunch, Kamis Apple juga merilis pembaruan untuk Final Cut Pro untuk Mac.

Versi iPad telah diperbarui dengan kemampuan yang dirancang untuk memanfaatkan iPad Pro baru dengan chip M4.  Apple mengatakan chip baru ini memungkinkan rendering hingga dua kali lebih cepat dan mendukung aliran ProRes RAW hingga empat kali lebih banyak dibandingkan dengan M1. 

Baca juga: Apple umumkan aplikasi kalkulator native untuk iPad

Final Cut Pro untuk iPad 2 diluncurkan dengan fitur “Live Multicam” baru yang memungkinkan pengguna terhubung secara nirkabel dan melihat pratinjau hingga empat kamera sekaligus.  

Pengguna akan mendapatkan pandangan sutradara untuk setiap kamera, bersama dengan kontrol manual atas pengaturannya menggunakan aplikasi Final Cut Camera yang baru.  

Aplikasi pendamping baru memungkinkan pengguna menghubungkan beberapa iPhone atau iPad.  

Baca juga: Apple TV+ perkenalkan InSight di WWDC 2024

Final Cut Pro secara otomatis mentransfer dan menyinkronkan setiap sudut Live Multicam sehingga pengguna dapat berpindah dengan lancar dari produksi ke pengeditan.

Final Cut Camera mendukung Live Multicam dan juga dapat digunakan sebagai aplikasi perekaman mandiri di iPhone dan iPad. Ini memungkinkan pengguna menyesuaikan pengaturan seperti fokus manual, kecepatan rana, ISO, fokus memuncak, overlay grid, dan lainnya. 

Final Cut Pro untuk iPad 2 juga menyertakan fitur yang paling banyak diminta, yaitu dukungan untuk proyek eksternal. Pengguna kini dapat membuat proyek baru atau membuka proyek yang sudah ada tanpa menghabiskan ruang penyimpanan internal.

Baca juga: Apple umumkan iOS 18 untuk iPhone, hadirkan berbagai peningkatan fitur

Sedangkan Final Cut Pro untuk Mac 10.8, pengguna akan mendapatkan akses fitur kecerdasan artifisial (AI) baru.  

Fitur baru “Tingkatkan Cahaya dan Warna” akan secara otomatis menyesuaikan video untuk koreksi warna, sementara fitur “Smooth Slo-Mo” baru akan memadukan bingkai video untuk menyempurnakan gerakan.

Baca juga: Apple dilaporkan akan tingkatkan kemampuan Siri gunakan AI

Final Cut Pro untuk iPad 2 dan Final Cut Pro untuk Mac 10.8 kini tersedia sebagai pembaruan gratis untuk pengguna lama.  

Untuk pengguna baru, Final Cut Pro untuk iPad 2 tersedia dengan harga 4,99 dolar AS (Rp82 ribu) per bulan atau 49 dolar AS (Rp806 ribu) per tahun.  Final Cut Pro untuk Mac 10.8 tersedia di Mac App Store seharga 299,99 dolar AS (Rp4,9 juta).

Baca juga: Apple dan OpenAI diduga telah sepakat bawa ChatGPT ke iOS 18

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024