Beijing (ANTARA) - Nilai investasi langsung keluar (outbound direct investment/ODI) nonfinansial China mencapai 60,2 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp16.503) dalam lima bulan pertama tahun ini atau naik 16,3 persen secara tahunan (year on year/yoy), menurut data dari Kementerian Perdagangan China.

Kerja sama dengan negara-negara yang berpartisipasi dalam Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra terus menunjukkan momentum pertumbuhan saat ODI di negara-negara itu mencapai 12,81 miliar dolar AS pada periode Januari-Mei 2024, naik 12,7 persen dibandingkan periode yang sama satu tahun sebelumnya.

Turnover proyek-proyek yang dikontrak di luar negeri naik 8,8 persen (yoy) menjadi 58,79 miliar dolar AS. Sementara itu, nilai kontrak proyek-proyek yang baru ditandatangani mencapai 87,3 miliar dolar AS, menandai peningkatan pesat sebesar 21,7 persen, papar data tersebut.

Guna memfasilitasi investasi China di negara lain dan kawasan di luar China, kementerian telah menerbitkan peraturan baru mengenai kontrak proyek luar negeri yang akan mulai berlaku pada 1 Juli tahun ini. Peraturan tersebut akan menyederhanakan prosedur untuk bisnis yang terkait.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024