Jakarta (ANTARA) - Mungkin ini akan menjadi pertandingan yang diselimuti oleh nuansa politik setelah kedua negara belakangan memanas dalam kaitan dengan perang Ukraina-Rusia.

Slovakia tadinya pendukung setia Ukraina dalam perang melawan Rusia, tapi setelah diperintah perdana menteri dan presiden yang baru yang dianggap pro-Rusia, memutuskan tak melanjutkan bantuan militer kepada Ukraina.

Pemerintah baru Slovakia bahkan meminta Ukraina menyerahkan wilayah yang diduduki Rusia agar perang Ukraina-Rusia segera berakhir.

Baca juga: Pemenang pemilu Slovakia menentang bantuan militer ke Ukraina

Mungkin urusan politik tak terbawa, tapi pada kebanyakan kasus konflik dan perseteruan politik turut memanaskan atmosfer persaingan dalam sebuah pertandingan olahraga, terlebih bagi negara yang tengah berperang yang merasa dipojokkan ketika posisi justru sedang terdesak.

Itu pula nuansa yang mungkin hadir dalam pertandingan Slovakia melawan Ukraina di Grup E Euro 2024 yang dilangsungkan Jumat malam pukul 20.00 WIB nanti di basis klub Fortuna Dusseldorf di Dusseldorf Arena.

Apalagi sebelum final playoff melawan Islandia yang memastikan kelolosan Ukraina ke Piala Eropa 2024, pelatih mereka, pernah sesumbar bahwa misi timnas Ukraina di Euro 2024 adalah menunjukkan Ukraina tetap hidup dan terus memerangi Rusia yang semestinya didukung oleh Eropa.
Pelatih Ukraina  Serhiy Rebrov memberi instruksi kepada pemainnya saat pertandingan penyisihan Grup E Euro 2024 kontra Romania di Munich Football Arena, Munich, pada 17 Juni 2024. (Photo by Tobias SCHWARZ / AFP) (AFP/TOBIAS SCHWARZ)

Baca juga: Harapan, kebanggaan, dan semangat Ukraina di Piala Eropa 2024

Yang akan kian mendidihkan suasana laga di Dusseldorf nanti itu adalah juga karena ini merupakan pertemuan antara tim yang terluka habis akibat kalah telak melawan tim yang justru tengah membuncah kepercayaan dirinya sehabis menumbangkan salah satu favorit juara Euro 2024.

Pada pertandingan pertamanya di Grup E, Ukraina menyerah 0-3 kepada Rumania yang secara matematis berada satu kelas di bawahnya. Sebaliknya, Slovakia dalam ekstasi tinggi sehabis menumbangkan tim kuat Belgia dengan 1-0.

Emosi pastinya akan turut mendidihkan pertandingan ini, terutama Ukraina yang memandang laga ini sebagai pertarungan hidup-mati untuk menentukan nasibnya ke fase grup Piala Eropa sehingga mengulangi pencapaian Euro 2020.

Baca juga: Timnas Rumania raih kemenangan 3-0 atas Ukraina di pembukaan Grup E

Selanjutnya: Tim tua

Copyright © ANTARA 2024