Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menginginkan atlet balap sepeda hebat dan berkelas dunia bisa lahir dari Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Road Race and Mountain Bike 2024 yang diselenggarakan di Nuvasay Bay, Batam, Kepulauan Riau, 20-30 Juni.
 
Dalam laman Kemenpora yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis, setelah membuka kegiatan tersebut, Tenaga Ahli Menpora (TAM) Bidang Manajemen dan Industri Olahraga Luhur Dewanthono membeberkan pemerintah sangat mendukung peningkatan prestasi dan pembinaan cabang olahraga, khususnya olahraga unggulan seperti balap sepeda.
 
Oleh sebab itu, kejurnas tersebut diharapkan melahirkan atlet-atlet hebat kelas dunia seperti Bernard Benyamin van Aert yang akan berlaga di ajang Olimpiade Paris 2024, 26 Juli - 11 Agustus.
 
Bernard mewakili Indonesia untuk berlaga di Olimpiade setelah melewati kualifikasi dalam disiplin track nomor Omnium Putra.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, lolosnya atlet balap sepeda tersebut merupakan prestasi yang membanggakan.
 
"Melalui kejurnas di Batam, diharap akan lahir atlet-atlet hebat balap sepeda yang nanti bisa meraih prestasi di ajang internasional," kata Dewanthono.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, balap sepeda sudah membuktikan diri menjadi salah satu olahraga andalan Indonesia untuk merebut medali emas dalam ajang internasional, seperti SEA Games dan Asian Games.
 
Maka dari itu, pembinaan, program, dan uji coba harus diterapkan dengan baik sehingga bisa mendorong lahirnya atlet-atlet berbakat.
 
Baca juga: Sebanyak 20 tim sepeda dalam dan luar negeri akan berlaga ITdBI

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari menyambut baik kejurnas balap sepeda yang diselenggarakan di Batam itu.
 
Menurut dia, kota tersebut memiliki lintasan balap sepeda yang mumpuni ditambah infrastruktur tempat pelaksanaan kejuaraan juga sudah bagus dan siap untuk menyelenggarakan kompetisi.
 
"Venue di Batam merupakan salah satu tempat yang bagus yang ada di Indonesia," kata Raja.
 
Dalam kejurnas tersebut, Road Race digelar di Jalan Nongsa. Sedangkan Mountain Bike diselenggarakan di Mangsang Bike Park.
 
Lebih dari seratus peserta dari berbagai provinsi bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam kejurnas itu.

Baca juga: Bernard tidak gentar tampil di Olimpiade meski gunakan sepeda "murah"
Baca juga: Pelatih jelaskan alasan Bernard van Aert persiapan di nomor road race

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024