Jakarta (ANTARA) - Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei terkini, dimana nama Willem Wandik unggul sebagai bakal calon gubernur di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak Papua Tengah.

“Dari pertanyaan tertutup terhadap 16 nama calon gubernur, Willem Wandik paling banyak dipilih 18,7 persen," kata Peneliti Indo Barometer Christopher Nugroho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Lanjut dia, beberapa tokoh di bawah Willem yakni Yuni Wonda 7,7 persen , Natalis Tabuni 6,1 persen, Eltinus Omaleng 5,9 persen, Isaias Douw 5,7 persen, Timotius Murib 5,5 persen, Meki Fritz Nawipa 2,9 persen, Ateng Edowai 2,6 persen dan Pietrus Waine 2,1 persen.

Sementara, nama lainnya kurang dari dua persen. Terdapat 34,9 persen pemilih yang menyatakan tidak akan memilih atau rahasia, belum memutuskan, tidak tahu atau tidak jawab.
Selain itu, saat simulasi pertanyaan tertutup dengan enam nama calon gubernur, Willem Wandik masih jauh unggul secara signifikan dibanding kandidat lainnya.

“Willem Wandik paling banyak dipilih 20,5 persen, kemudian Yuni Wonda 9,1 persen, Isaias Douw 6,7 persen, Eltinus Omaleng 6,1 persen, Ateng Edowai 3,4 persen , dan Meki Fritz Nawipa 3,0 persen. Pemilih yang menyatakan tidak akan memilih, rahasia, belum memutuskan, tidak tahu atau tidak jawab sebesar 51 persen,” jelasnya.

Survei dan pemetaan itu dilakukan pada tanggal 1–9 April 2024, meliputi delapan kabupaten yaitu Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Mimika, Nabire, Paniai, Puncak dan Puncak Jaya.

Survei itu melibatkan sebanyak 820 responden yang mempunyai hak pilih, yaitu minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Margin of error kurang lebih 3,42 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampel adalah multistage random sampling. Teknik pengumpulan data adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

Willem Wandik merupakan pria kelahiran 17 Agustus 1975 ini telah menjabat sebagai Anggota DPR RI selama dua periode, yakni periode 2014-2019 dan periode 2019-2024.

Selain itu, Willem Wendik beberapa waktu lalu telah mendapatkan surat rekomendasi tahap satu dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Syarat untuk mendukung satu pasang calon minimal memiliki sembilan kursi di dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Papua Tengah.
Baca juga: PKB rekomendasikan Willem Wendik jadi Cagub Papua Tengah

Pewarta: Fauzi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024