Melalui acara ini, kita dapat memperkuat jaringan dan kolaborasi antarpelaku usaha di berbagai daerah ....
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin meyakini perhelatan BSI International Expo 2024 dapat memperkuat jaringan dan kolaborasi antarpelaku usaha industri halal di Indonesia.

"Melalui acara ini, kita dapat memperkuat jaringan dan kolaborasi antarpelaku usaha di berbagai daerah sehingga dapat menjadi pendorong utama dalam peningkatan kualitas dan daya saing produk halal Indonesia," kata  Wapres dalam sambutannya saat acara pembukaan BSI International Expo 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Kamis.

Ia pun mengapresiasi penyelenggaraan BSI International Expo untuk pertama kali tersebut yang diharapkan menjadi agenda strategis untuk mendemonstrasikan berbagai inovasi dan pengembangan di sektor industri halal nasional dan global.

Baca juga: Wapres harap BSI Expo berkontribusi nyata bagi perekonomian nasional

Ia mengharapkan kegiatan tersebut dapat diselenggarakan secara konsisten setiap tahun, tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di kota-kota lain sehingga mendorong UMKM dan pelaku usaha industri halal lokal naik kelas dan mendunia.

Wapres juga mengharapkan dengan upaya-upaya yang akan dilakukan, termasuk gelaran BSI International Expo 2024, BSI dapat memberikan kontribusi yang semakin besar bagi perekonomian nasional.

"Mendukung upaya menjadikan ekonomi dan keuangan syariah sebagai bagian akselerasi transformasi ekonomi, meningkatkan produktivitas serta menjaga ketahanan dan stabilitas ekonomi Indonesia di masa mendatang," ujar Wapres.

Baca juga: Kementerian BUMN komitmen wujudkan RI jadi pusat industri halal dunia

Ia juga menyampaikan bahwa di tataran global, BSI juga telah menembus 10 besar bank syariah terbesar dunia dari sisi kapitalisasi, membuka cabang di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) dan terus berupaya melebarkan sayapnya di mancanegara.

Hal tersebut merupakan langkah konkret yang akan semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai pemain utama ekonomi syariah dunia.

"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi atas peran dan kontribusi BSI dalam mendorong terciptanya pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," ujar Wapres.

Baca juga: BSI bidik perputaran dana Rp1 triliun lewat expo internasional perdana

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan BSI International Expo 2024 merupakan wujud nyata dukungan BSI terhadap pengembangan ekosistem syariah di tanah air, sekaligus memfasilitasi bagi UMKM untuk dapat terlibat aktif dan menjajaki pasar internasional.

Kementerian BUMN, kata dia, berkomitmen untuk terus menghadirkan program-program konkret ke depannya dalam memajukan ekosistem syariah di Indonesia.

"Insya Allah, BSI International Expo 2024 akan digelar setiap tahun dan menjadi ajang untuk mempertemukan pelaku bisnis (halal) dengan pembeli internasional melalui business matching yang diadakan khusus selama pameran berlangsung. BSI berkomitmen penuh untuk mendorong Indonesia membangun kapasitas dan kapabilitas untuk menjadi pemain utama dan produsen dalam halal value chain global agar menjadi pusat industri halal dunia," kata dia.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024