Brussel (ANTARA) - Wakil Perdana Menteri (PM) China Ding Xuexiang dan pelaksana tugas PM Belgia Alexander De Croo pada Rabu (19/6) mengadakan pembicaraan di Brussel, Belgia, terkait hubungan bilateral dan hubungan China-Eropa.

Ding  mengatakan bahwa di bawah arahan strategis Presiden China Xi Jinping dan para pemimpin Belgia, kemitraan kerja sama persahabatan China-Belgia yang menyeluruh dan bersahabat telah memberikan hasil yang bermanfaat.

Dia menekankan pentingnya mengonsolidasikan rasa saling percaya politik; memperdalam kerja sama di berbagai bidang seperti ekonomi, perdagangan, sains, teknologi, dan inisiatif ramah lingkungan; serta memperkuat pertukaran budaya dan pertukaran antarmasyarakat guna mendorong perkembangan hubungan China-Belgia yang lebih luas dan menghasilkan lebih banyak manfaat bagi masyarakat kedua negara.

Menekankan bahwa China dan Belgia memiliki kepentingan yang sama dalam menentang proteksionisme dan menjaga perdagangan bebas, Ding menyatakan harapannya agar Belgia dapat memainkan peran konstruktif untuk memperdalam kerja sama praktis antara China dan Eropa, serta mengelola perbedaan dalam ekonomi dan perdagangan.

Sementara itu, De Croo menekankan bahwa Belgia menghargai hubungannya dengan China dan berpegang pada prinsip Satu China.

Dia juga mengungkapkan bahwa Belgia bersedia meningkatkan komunikasi serta memperdalam pertukaran dan kerja sama di berbagai bidang dengan China guna mendongkrak pengembangan hubungan Belgia-China dan Eropa-China yang berkelanjutan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024