Jakarta (ANTARA) - Gemini kini telah terintegrasi dengan Google Messages di seluruh perangkat Android sehingga memungkinkan pengguna bisa mengakses chatbot kecerdasan buatan (AI) besutan Google ini lewat aplikasi perpesanan tersebut.

Dilansir dari laporan Engadget pada Kamis, fitur yang semula hanya tersedia di ponsel Pixel dan Samsung Galaxy ini, kini bisa digunakan di seluruh perangkat Android yang memiliki kapasitas RAM sebesar 6GB atau lebih.

Baca juga: Aplikasi Google Gemini untuk Android tersedia di Inggris dan Uni Eropa

Saat ini, Google Messages hanya mendukung AI Gemini dalam versi bahasa Inggris yang telah tersedia di 164 negara, kecuali Kanada yang juga mendukung versi bahasa Prancis.

Oleh karenanya, untuk saat ini pengguna harus mengatur ponsel ke dalam mode bahasa Inggris apabila ingin memanfaatkan Gemini untuk beberapa keperluan misalnya membuat pesan, merencanakan kegiatan, atau hanya sekadar mengobrol dengan AI tersebut untuk menghabiskan waktu luang.

Baca juga: Opsi bahasa Indonesia telah tersedia di aplikasi Gemini

Untuk mengaksesnya, Anda cukup membuka aplikasi Google Messages dan memulai percakapan baru dan pilih opsi untuk berbicara dengan chatbot.

Agar bisa mengakses fitur ini, pastikan Anda berumur 18 tahun atau lebih dan memiliki akun yang dikelola oleh Anda sendiri. Anda juga harus memastikan bahwa chat RCS diaktifkan saat menggunakan chatbot ini.

Google mengatakan pihaknya tengah berupaya keras untuk menghadirkan Gemini dalam versi bahasa-bahasa lainnya sekaligus membuka aksesnya di lebih banyak negara.

Baca juga: Gmail di Android makin cerdas, dilengkapi opsi AI Gemini khusus

Baca juga: Google mungkin hadirkan ringkasan "email" gunakan AI di Android

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024