Jakarta (ANTARA) -
Terdapat sejumlah berita ekonomi kemarin (19/6) yang menarik perhatian pembaca dan layak dibaca pagi ini, di antaranya peringkat daya saing RI naik ke posisi 27, neraca perdagangan surplus, hingga harga tiket pesawat mahal.
 
 
   
 
 
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan peringkat daya saing Indonesia berhasil menduduki posisi ke-27 dari 67 negara pada 2024, melampaui Inggris.
 
 
   
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai, neraca perdagangan Indonesia yang surplus 2,93 miliar dolar AS pada Mei 2024 menunjukkan kinerja neraca yang terus melanjutkan tren positif.
 
 
   
 
 
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan komitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) dengan memasukkan padang lamun ke dalam komitmen Nationally Determined Contribution (NDC) sebagai modal untuk memitigasi perubahan iklim.
 
 
   
 
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan, segera menindaklanjuti harga tiket pesawat mahal, salah satunya melalui komunikasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menambah jumlah maskapai penerbangan.
 
 
   
 
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah memulai distribusi pompa air ke seluruh provinsi untuk memastikan produktivitas pertanian tetap stabil, mengantisipasi kemungkinan terjadi kekeringan panjang di Indonesia.
 
 
   
 
 
Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan neraca perdagangan barang Indonesia mengalami surplus selama 49 bulan beruntun sejak Mei 2020, dengan keberlanjutan keuntungan pada Mei 2024 sebesar 2,93 miliar dolar AS.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024