Toboali, Babel, (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai melakukan pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk Pilkada Serentak 2024.

"Kami mngawasi dengan baik tahapan coklit data pemilih yang dilakukan petugas pemuktahiran data pemilih (pantarlih)," kata Ketua Bawaslu Bangka Selatan Amri di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan, coklit merupakan salah satu tahapan yang krusial dan penting karena berkaitan dengan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada serentak.

Pantarlih diminta untuk melakukan proses coklit secara langsung mendatangi rumah warga sehingga tida ada pemilih yang terlewatkan.

"Pastikan tidak ada pemilih yang mempunyai hak pilih yang terlewatkan sesuai dengan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) yang diserahkan oleh KPU," ujarnya.

Amri mengatakan, sesuai dengan data yang disampaikan KPU jumlah DP4 untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 150.730 jiwa.

"DP4 yang dikeluarkan ini akan dimuktahirkan terlebih dahulu oleh Pantarlih dengan mendatangi langsung rumah pemilih," ujarnya.

Sebelum proses coklit dilakukan, Bawaslu Bangka Selatan mengingat kepada KPU dan jajarannya untuk memastikan pantarlih yang ditunjuk bebas dari partai politik.

"Rekrutmen pantarlih harus sesuai dengan aturan yang ada, bebas dari partai politik dan tidak boleh berafiliasi serta menjaga integritas sebagai penyelenggara," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024