Trip sudah kami tambah satu sampai Minggu nanti, itu pun kondisional, apabila muatannya melebihi, kami bisa tambah trip lagi,
Banda Aceh (ANTARA) - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ÀSDP) Indonesia Ferry  Banda Aceh menambah satu trip kapal penyeberangan dari Ulee Lheue Banda Aceh menuju Balohan Sabang dan sebaliknya pada libur lebaran Idul Adha 2024.

"Trip sudah kami tambah satu sampai Minggu nanti, itu pun kondisional, apabila muatannya melebihi, kami bisa tambah trip lagi," kata General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Banda Aceh, Rudi B Hanafiah di Banda Aceh, Rabu.

Rudi mengatakan, saat ini sudah tersedia empat trip kapal dari semula tiga trip kapal penyeberangan yang mulai diberlakukan sejak Selasa (18/6) lalu.

Baca juga: ASDP Ambon catat penumpang kapal naik 39 persen saat libur Idul Adha

Penambahan trip tersebut karena pihaknya memproyeksikan lonjakan penumpang akan terjadi pada H+2 Lebaran Idul Adha 1445 Hijriah.

Namun, lonjakan justru terjadi pada H+3 Lebaran Idul Adha, Rabu (19/6) siang, sehingga pihaknya hanya menambah satu trip saja untuk hari ini.

"Peningkatan masih standar liburan, tidak sampai membludak. Kalau peningkatan terus menerus langsung koordinasi ke Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk penambahan trip," ujarnya.

Jadwal penambahan trip yang diberlakukan yakni trip pertama berangkat pukul 08.00 WIB, trip kedua pukul 11.00 WIB, trip ketiga pukul 14.00 WIB, dan trip keempat pukul 16.30 WIB.

Hari libur Idul Adha di Aceh bertambah dua hari yakni pada 19-20 Juni 2024, kebijakan tersebut ditetapkan lewat Keputusan Gubernur (Kepgub) Aceh Nomor 100.3.3.1/845/2024 Tentang Penetapan Hari Raya yang diliburkan setelah Idul Adha 1445 Hijriah.

Baca juga: ASDP salurkan hewan kurban sapi dan kambing di seluruh Indonesia

Sebelumnya, Kabag Ops Pelabuhan Ulee Lheue, Ilham Akbar menyampaikan jumlah penumpang di Pelabuhan Ulee Lheue yang hendak bertolak dari Banda Aceh menuju Sabang mulai meningkat pada H+3 libur Lebaran Idul Adha 1445 Hijriah.

"Selama libur Idul Adha 1445 Hijriah ini baru ada peningkatan penumpang pada hari ini. Kalau kemarin masih normal, belum terlalu ramai," katanya.

Ia memprediksikan jumlah penumpang akan meningkat hingga Kamis (20/6)  sehubungan dengan berakhirnya cuti libur pegawai ASN/PNS. Diperkirakan mencapai 100 persen.

"Prediksi lonjakan akan terjadi pada hari ini dan besok karena Jumat dan Sabtu PNS sudah masuk, sebagian pegawai BUMN bahkan ada yang sudah masuk juga hari ini," demikian Ilham Akbar.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024