Selama periode Lebaran ini, volume paling tinggi pada Senin (17/7) kemarin dengan lalu lintas mencapai 5.801 kendaraan.
Banda Aceh (ANTARA) - PT Hutama Karya/HK (Persero) mencatat volume lalu lintas di ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) mencapai sebanyak 22.487 kendaraan selama periode hari raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Kepala Cabang Tol Sibanceh HK Totok Masyadi, di Aceh Besar, Aceh, Rabu, mengatakan arus kendaraan di Tol Sibanceh menunjukkan peningkatan trafik sebesar 45 persen dari kondisi normal.

"Selama periode Lebaran ini, volume paling tinggi pada Senin (17/7) kemarin dengan lalu lintas mencapai 5.801 kendaraan di hari itu," kata Totok.

Selama libur dan cuti bersama Idul Adha 1445 Hijriah, HK mengoperasikan lima seksi ruas Tol Sibanceh, di antaranya Seksi 2 (Seulimeum-Jantho) memiliki panjang 6,35 kilometer, Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) dengan panjang 16 kilometer.

Kemudian, Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) 13,5 km, Seksi 5 (Blang Bintang-Kuta Baro) 7,7 km, dan Seksi 6 (Kuta Baro-Baitussalam) 5 km.

Ia menjelaskan, peningkatan lalu lintas Lebaran Kurban itu terjadi pada 14-18 Juni 2024, dengan peningkatan mencapai 45 persen dari lalu lintas normal.

"Yaitu lalu lintas rata-rata harian sebanyak 4.497 kendaraan, sedangkan lalu lintas normalnya 3.108 kendaraan per hari," kata Totok.

Kendati demikian, Totok menambahkan, tidak ada kemacetan kendaraan pada setiap Gerbang Tol (GT) ruas Sibanceh selama arus lalu lintas momentum Idul Adha.

"Paling ramai kendaraan GT Seulimuem. Kondisi GT ramai dan lancar," ujarnya lagi.

Menurut Totok, dari lima seksi Tol Sibanceh yang dioperasikan, hanya tiga seksi dikenakan tarif tol, yakni Seksi 2, 3, dan 4. Sementara, untuk seksi 5 dan 6 masih gratis.

Di sisi lain, Totok juga mengimbau seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, di antaranya yakni berkendaraan dengan kecepatan antara 60-100 km per jam.

Lalu, memastikan kendaraan tidak melebihi muatan dan dimensi, serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

"Untuk memperlancar transaksi di gerbang tol, menggunakan satu kartu uang elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo sebelum memasuki gerbang tol," ujarnya pula.
Baca juga: Tol Sibanceh dilalui 78.936 kendaraan selama periode libur Idul Fitri
Baca juga: Hutama Karya targetkan seksi satu Tol Sibanceh rampung sebelum PON XXI

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024