Dipastikan sehat
Jakarta (ANTARA) - Pemeriksaan organ dalam (post mortem) terhadap hewan kurban di wilayah Jakarta Barat dilakukan hingga pada 20 Juni 2024. 

"Pemeriksaannya sampai H+3 Idul Adha," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat Novy C. Palit saat dikonfirmasi di Jakarta pada Rabu.

Adapun pemeriksaan hewan kurban tersebut utamanya untuk memastikan daging hewan kurban sehat dan layak dikonsumsi masyarakat. "Intinya untuk pastikan daging hewan kurban itu sehat ya bagi warga," kata Novy.

Pihaknya hingga kini masih bekerjasama dengan mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan pemeriksaan. "Kemarin sejak Idul Adha sampai tasyrik nanti kita tetap kerja sama," kata Novy.

Hingga 18 Juni 2024, pihaknya telah memeriksa sebanyak 3.020 hewan kurban yang telah disembelih di 176 tempat penampungan. "Rinciannya ada 877 ekor sapi, 10 kerbau, 1.952 kambing dan 181 domba," tutur Novy.

Baca juga: Antisipasi penyakit, Jakbar periksa penampungan hewan kurban
Baca juga: Polrestro Jakbar sumbang 52 hewan kurban


Ia memastikan bahwa daging yang diperiksa sehat dan bebas penyakit. "Dipastikan sehat," kata Novy.

Sebelumnya, pihaknya menyebar 117 petugas untuk melakukan pemeriksaan "post mortem" penyembelihan hewan kurban di wilayah setempat.

Para petugas pemeriksaan itu berasal 
​​​​​​ dari Dinas KPKP DKI, Sudin KPKP Jakarta Barat (Jakbar), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan mahasiswa IPB.

"Kalau petugas di Jakarta Barat ada 117. Nah itu dari unsur Sudin, unsur Dinas, dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, dan mahasiswa dari IPB," kata Novy di Jakarta pada Senin (17/6).

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024