Mengonsumsi terlalu banyak daging dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko masalah pencernaan seperti sembelit
Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora pilihan menarik yang terjadi pada Selasa kemarin dan dapat dibaca kembali pada hari Rabu ini.

Berita pilihan dimulai dari jamaah haji Indonesia nafar awal mulai meninggalkan Mina, hingga saran dari ahli gizi untuk mengonsumsi sayur untuk atasi kelebihan asupan lemak karena makan daging.

1. Jamaah nafar awal tinggalkan Mina hari ini sebelum matahari terbenam

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyatakan jamaah haji yang mengambil pilihan Nafar Awal, diperbolehkan untuk meninggalkan Mina sebelum matahari terbenam pada 12 Zulhijah, atau Selasa.

"Sedangkan jamaah haji yang mengambil pilihan Nafar Tsani dapat meninggalkan Mina pada 13 Zulhijah," kata Anggota Media Center Haji Widi Dwinanda.

2. Warga nonmuslim dapat pembagian daging kurban di Toraja

Panitia peringatan hari raya Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Jami Lembang Madandan, Kecamatan Rantetayo, Tana Toraja, Sulawesi Selatan menjadikan momentum hari kurban untuk berbagi kepada sesama, termasuk kepada warga nonmuslim.

"Melalui momentum hari raya Idul Adha ini, pembagian daging hewan kurban bukan hanya untuk umat Muslim, tetapi warga lainnya tanpa melihat latar belakang agamanya," kata Panitia Kurban Idul Adha, Nasurllah Sa'pang Allo.

3. BNPB pantau kebutuhan penyintas banjir selama transisi bencana Sumbar

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan terus memantau kebutuhan para penyintas banjir lahar dingin Gunung Marapi selama penerapan masa transisi bencana di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

"BPBD di daerah terus memantau setiap 10 hari pemerintah daerah menyalurkan bantuan logistik kepada penyintas banjir," kata Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB Agus Riyanto.

4. LK-MUI ingatkan masyarakat tak konsumsi daging secara berlebihan

Lembaga Kesehatan Majelis Ulama Indonesia (LK-MUI) mengingatkan masyarakat untuk tidak mengonsumsi daging secara berlebihan, termasuk di antaranya daging kurban yang baru diperoleh pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Mengonsumsi terlalu banyak daging dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko masalah pencernaan seperti sembelit dan peningkatan risiko kanker usus," kata Wakil Ketua LK-MUI Bayu Wahyudi.

5. Ahli gizi sarankan konsumsi sayur untuk atasi kelebihan asupan lemak

Ahli gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana Jakarta Fitri Hudayani menyarankan masyarakat untuk tetap mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan guna mengatasi potensi kelebihan asupan lemak dari konsumsi daging kurban.

"Dianjurkan mengonsumsi sayur dan buah karena serat dapat membantu mengatasi kelebihan asupan lemak," katanya kepada ANTARA.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024