Jakarta (ANTARA) - Timnas negara-negara unggulan mencatat kemenangan pada matchday pertama fase grup Euro 2024 yang rampung pada Rabu dini hari WIB.
 
Dimulai dari tuan rumah Jerman hingga negara-negara unggulan seperti Spanyol, Italia hingga Portugal tercatat mampu mengemas tiga poin.
 
Sementara itu nasib berbeda didapatkan oleh satu negara unggulan yaitu Belgia yang tercatat harus takluk dari Slovakia dengan skor tipis 0-1.
 
Berikut rekap matchday pertama Euro 2024:
 
Grup A
 
Pada matchday pertama Grup A, tuan rumah Jerman sukses mengawali perjalanan mereka di Euro 2024 lewat kemenangan meyakinkan 5-1 atas Skotlandia di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Jumat lalu.
 
Pada pertandingan ini kemenangan Jerman hadir berkat gol-gol Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz, Nicolas Fullkrug dan Emre Can. Sedangkan Skotlandia sempat memperkecil ketertinggalannya melalui gol bunuh diri Antonio Rudiger.
Selebrasi Kai Havertz setelah cetak gol untuk Timnas Jerman dalam pertandingan matchday ke-1 Grup A Euro 2024 lawan Skotlandia di Allianz Arena pada Sabtu (15/6/2024). ANTARA/Dok-UEFA/pri. (ANTARA/Dok-UEFA)
Sementara itu, pada pertandingan Grup A lainnya, Swiss mampu menaklukkan Hongaria dengan skor 3-1 di Stadion RheinEnergie, Cologne, Sabtu.
 
Swiss mengamankan kemenangan lewat gol Kwadwo Duah, Michel Aebischer dan Breel Embolo, sedangkan Hungaria sempat membalas lewat Barnabas Varga.
 
Hasil-hasil ini membuat Jerman berada di peringkat pertama klasemen sementara Grup A dengan tiga poin dari satu laga, diikuti Swiss, Hongaria lalu Skotlandia.
 
Hasil pertandingan matchday pertama Grup A:
     
Klasemen sementara Grup A:
 
No Negara Main SG Poin
1 Jerman 1 4 3
2 Swiss 1 2 3
3 Hongaria 1 -2 0
4 Skotlandia 1 -4 0
 
Jadwal pertandingan matchday kedua Grup A:
 
Rabu (19/6)
 
Jerman vs Hongaria 23.00 WIB
 
Kamis (20/6)
 
Skotlandia vs Swiss 02.00 WIB

Baca juga: Nagelsmann takjub dengan permainan Jerman ketika hajar Skotlandia 5-1
Baca juga: Xhaka harap sukses Leverkusen menular ke timnas Swiss


Selanjutnya: Grup B

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024