Peningkatan lalu lintas ini terjadi di wilayah Jabodetabek, tepatnya Ruas Tol Jagorawi yang didominasi oleh lalu lintas wisata dan silaturahmi
Jakarta (ANTARA) - Lalu lintas di Ruas Tol Jagorawi mengalami peningkatan pada Hari H Idul Adha 1445 H yang didominasi lalu lintas (lalin) wisata dan silaturahmi.

"Lalu lintas terpantau masih meningkat di Hari H Idul Adha 1445 H. Peningkatan lalu lintas ini terjadi di wilayah Jabodetabek, tepatnya Ruas Tol Jagorawi yang didominasi oleh lalu lintas wisata dan silaturahmi," ujar Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Widiyatmiko Nursejati di Jakarta, Selasa.

Jasamarga Metropolitan Tollroad mencatat peningkatan lalu lintas kendaraan yang menuju dan meninggalkan Puncak, Sukabumi dan sekitarnya pada tanggal 17 Juni 2024 yang melalui Ruas Tol Jagorawi yang terdistribusi di dua Gerbang Tol (GT).

Volume lalu lintas transaksi di GT Ciawi 1 atau kendaraan yang menuju Puncak, Cianjur, Sukabumi dan sekitarnya tercatat sebanyak 31.328 kendaraan atau lebih tinggi 1,31 persen dari volume lalu lintas transaksi normal sebanyak 30.924 kendaraan.

Peningkatan volume lalu lintas transaksi di GT Ciawi 2 atau dari arah Puncak, Cianjur, Sukabumi dan sekitarnya menuju Jabodetabek tercatat sebanyak 39.567 kendaraan atau sebesar 27,73 persen dari volume lalu lintas transaksi normal sebanyak 30.978 kendaraan.

Baca juga: Diskresi kepolisian, Tol Jagorawi arah Bogor diberlakukan contraflow

Baca juga: Jasa Marga prediksi puncak lalin saat libur Idul Adha hari ini


Lalu lintas arus balik juga terpantau mulai meningkat di hari H Idul Adha 1445 H atau 17 Juni 2024 dikarenakan hari terakhir libur akan jatuh pada hari Selasa 18 Juni 2024 sebelum aktivitas masyarakat Kembali normal di Rabu 19 Juni 2024.

JMT melalui Representative Office 3 mencatat peningkatan lalu lintas yang melintasi GT Pasteur, khususnya lalu lintas yang meninggalkan Kota Bandung atau arah Jakarta. Tercatat sebanyak 30.509 kendaraan melintas, jumlah ini meningkat 5,43 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 28.938.

Kemudian JMT melalui Representative Office 1 juga mencatat peningkatan volume lalu lintas yang cukup signifikan pada GT Cikunir 6 di Ruas Tol JORR E. Lalu lintas ini merupakan lanjutan dari Ruas Tol MBZ arah Jakarta.

Tercatat sebanyak 15.872 kendaraan melintasi GT Cikunir 6, meningkat 83,60 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 8.645 kendaraan.

JMT memprediksi peningkatan volume lalu lintas masih terjadi hari ini, Selasa 18 Juni 2024 yang juga diprediksi akan menjadi puncak arus balik pada libur Panjang Idul Adha 1445 H.

Pengguna jalan diimbau untuk mengantisipasi waktu keberangkatan dan mempersiapkan diri, kendaraan dan perbekalan sebelum memasuki jalan tol.

Selain itu juga diimbau untuk hanya menggunakan satu e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta Jalan Tol JORR II, satu e-toll untuk bertransaksi ketika tapping di gerbang tol masuk dan menggunakan e-toll yang sama juga untuk tapping di gerbang tol keluar.

Baca juga: Jasa Marga: Volume lalu lintas tol di luar Jawa naik jelang Idul Adha

Baca juga: Jasa Marga catat kenaikan volume lalin ruas tol di luar Pulau Jawa

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024