Asuransi adalah bisnis kepercayaan.....
Jakarta (ANTARA) - PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) berupaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap asuransi syariah melalui berbagai kegiatan literasi untuk mengatasi banyaknya persepsi publik yang menganggap bahwa asuransi syariah hanya terbatas untuk umat Islam.

“Asuransi adalah bisnis kepercayaan, oleh karena itu membangun dan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan nasabah terhadap asuransi jiwa syariah menjadi sesuatu yang sangat krusial,” ujar Direktur Allianz Syariah Indonesia Jazilah Firdaus dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa sejak melakukan spin off dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia pada November 2023, pihaknya terus konsisten melakukan berbagai upaya untuk mendukung peningkatan literasi dan pemahaman asuransi syariah di Indonesia.

Hal tersebut dilakukan pihaknya dengan mendiseminasikan Fatwa Halal MUI tentang asuransi syariah melalui kolaborasi dengan Dewan Pengawas Syariah (DPS) Allianz dan regulator.

Tidak hanya itu, Allianz Syariah juga mengadakan kegiatan edukasi literasi keuangan dan perencanaan keuangan untuk pelajar, ibu rumah tangga, dan pelaku UMKM untuk menambah pemahaman mereka terhadap asuransi jiwa syariah.

Selain itu, perusahaan tersebut juga mensosialisasikan nilai universal kebaikan yang menjadi prinsip dasar semua produk asuransi syariah melalui artikel edukasi dan konten media sosial.

Jazilah menuturkan bahwa pihaknya pun membekali para agen Allianz dengan pemahaman tersebut, sehingga mereka bisa memberikan edukasi yang tepat kepada publik terkait asuransi syariah.

Ia menyampaikan bahwa perseroan juga mengimplementasikan program “Pencanangan Gerakan Perlindungan Asuransi Jiwa Syariah Gratis bagi 10.000 Masyarakat Indonesia” yang telah dijalankan sejak November 2023.

Kegiatan tersebut ditunjukkan bagi berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, dan komunitas lainnya di berbagai kota seperti Medan, Makassar, Balikpapan, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Bogor.

Salah satunya melalui pembagian asuransi jiwa mikro syariah, Sekoci Amana, secara gratis kepada 1.000 mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB University), 1.005 pekerja Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, serta 100 warga Kelurahan Grogol Selatan, Jakarta.

“Dengan demikian, produk Allianz Syariah diharapkan bisa menjadi solusi yang tidak terbatas pada kelompok Muslim saja, melainkan memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh berbagai kalangan secara universal,” ujar Jazilah.
Baca juga: Allianz Syariah hadirkan produk baru bantu siapkan warisan sejak dini
Baca juga: OJK: Total aset asuransi dan reasuransi syariah capai Rp45,10 triliun


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024