Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyalurkan bantuan hewan kurban ke 15 titik bencana yang tersebar di Kabupaten Agam, Tanah Datar, Pesisir Selatan dan Kota Solok.

Penyaluran bantuan hewan kurban dari ASN dan BUMD berupa 78 ekor sapi dan lima ekor kambing itu dilakukan oleh 15 tim yang di antaranya dipimpin langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi, Wagub Audy Joinaldy dan Sekda Hansastri.

Gubernur Mahyeldi di Batusangkar, Selasa, mengatakan program tebar kurban tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak bencana.

Dalam penyebaran hewan kurban itu gubernur bersama sejumlah kepala OPD menyerahkan bantuan hewan berupa dua ekor sapi dan lima ekor kambing di Nagari Parambahan, Kecamatan Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar.

Nagari Parambahan merupakan salah satu kawasan paling parah terdampak bencana banjir bandang pada Mei lalu. Di kawasan ini, tercatat sebanyak 22 rumah hilang, sembilan warga meninggal, serta merusak infrastruktur lainnya, termasuk bendungan dan irigasi pertanian.

Di saat yang sama, Wakil Gubernur Audy Joinaldy juga menyalurkan bantuan hewan kurban di Masjid At-Tauhid, VI Suku, Kota Solok. Momen ini disebut Wagub sebagai salah satu wujud pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Hansastri juga melakukan tebar kurban di Mushala An-nur Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Agam.

Data Biro Kesra Setdaprov Sumbar menunjukkan, tebar kurban di Kabupaten Tanah Datar juga dilaksanakan di Nagari Pasia Laweh Kecamatan Sungai Tarab, Nagari Rambatan, lalu di Sungai Jambu Pariangan, Nagari Pandai Sikek, Batipuah Baruah serta Nagari Dusun Tuo, Limo Kaum.

Untuk di Kabupaten Agam, tebar kurban juga dilakukan di Masjid Al Ihsan Jorong Galugua Koto Tuo Kecamatan IV Koto, Nagari Batu Taba serta Nagari Ladang Laweh, Kecamatan Banuhampu.

Sedangkan untuk di Pesisir Selatan, tebar kurban dilakukan di Masjid Nurul Ibadah Kampung Tanjung Nagari Duku Utara, dan di Mushola Al Kautsar Baruang Baruang Balantai Kecamatan XI Koto Tarusan.

Baca juga: Warga nonmuslim dapat pembagian daging kurban di Toraja

Baca juga: Pembagian daging kurban di Semarang mulai tinggalkan kantong plastik

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024