Untuk tahun 2024, target kami untuk penyaluran hibah adalah sebesar Rp413 miliar.
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Tormarbulang Lumbantobing menyampaikan bahwa target realisasi penyaluran hibah dari Pemerintah Indonesia ke negara lain, termasuk Palestina, sebesar Rp413 miliar pada 2024.

“Untuk tahun 2024, target kami untuk penyaluran hibah adalah sebesar Rp413 miliar. Terjadi peningkatan yang cukup besar, yakni sebesar Rp166,6 miliar atau 66,8 persen (dibandingkan tahun sebelumnya),” ujar Tormarbulang Lumbantobing dalam rapat bersama Komisi XI DPR RI, di Jakarta, Selasa.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan adanya program baru untuk pemberian beasiswa melalui The Indonesian Aid Scholarship (TIAS) dengan alokasi dana sejumlah Rp106,36 miliar. Program tersebut diharapkan dapat menjadi media untuk membangun hubungan baik dengan negara lain, sekaligus mempromosikan budaya Indonesia.

Pihaknya juga akan memberikan bantuan di bidang kesehatan sebesar Rp82,76 miliar untuk modernisasi ICU di Port Moresby Hospital yang menjadi rumah sakit rujukan nasional di Papua Nugini, dukungan vaksinasi, serta penanggulangan AIDS, tuberkulosis, dan malaria.

“Di samping itu, rencana penyaluran hibah tahun 2024 juga termasuk bantuan untuk masyarakat Palestina yang terdampak konflik bersenjata akhir-akhir ini, dan juga dukungan rehabilitasi fisik untuk disabilitas di Afganistan dan Myanmar,” ujar Tormarbulang.

Dana kemanusiaan yang dipersiapkan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Palestina, Afganistan, dan Myanmar tersebut mencapai Rp99,54 miliar.

Ia menuturkan bahwa pihaknya juga menyalurkan hibah pada sektor pertanian untuk mendukung pelatihan bagi para petani pedesaan di Fiji, Gambia, dan Tanzania sebesar Rp69,46 miliar.

Selain itu, terdapat pula hibah pada sektor pendidikan dan pelatihan sejumlah Rp55,16 miliar untuk dukungan keketuaan Laos dalam ASEAN Finance Process serta pelatihan terkait perikanan, akuntansi, pengelolaan komoditas berkelanjutan, dan pengembangan inseminasi buatan untuk negara-negara Afrika.

Terkait realisasi hibah, Tormarbulang menuturkan bahwa hingga Mei 2024, dana hibah yang telah disalurkan mencapai sekitar Rp30,05 miliar atau 7,27 persen dari target.

Realisasi tersebut antara lain digunakan untuk pemberian vaksin polio sebanyak 10 juta dosis melalui kerja sama dengan UNICEF untuk anak-anak di Afganistan sebesar Rp17,21 miliar.

LDKPI juga telah menyalurkan Rp6,53 miliar untuk mendukung keketuaan Laos pada ASEAN Finance Process, Rp5,14 miliar untuk pelatihan diversifikasi produk olahan kelapa di berbagai negara kawasan Karibia, serta Rp1,18 miliar untuk pendidikan diplomat muda Fiji, Vanuatu, Papua Nugini, dan Kepulauan Solomon.

“Dalam waktu dekat juga, kami akan merilis bantuan kepada Palestina yang diharapkan bisa kami rilis dalam minggu-minggu ini, dan juga bantuan kepada Afganistan dan Myanmar,” ujar Tormarbulang.
Baca juga: Pemerintah Indonesia Laksanakan Hibah Vaksin Pentavalent ke Nigeria
Baca juga: Indonesia hibahkan 1,5 juta vaksin pentavalen ke Nigeria


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024