Jakarta (ANTARA News) - Hujan lebat yang mengguyur DKI Jakarta menjelang tengah malam menyebabkan banjir di beberapa ruas jalan wilayah ibu kota Jakarta, dan menyebabkan air sungai Ciliwung di pintu air Manggarai meluap pada posisi 950 cm atau siaga I.

Pantauan Antara Jumat (17/1) ruas jalan di sekitar Jl. Rasuna Said dan Jl. Sudirman genangan air sekitar 5 cm sampai 10 cm namun masih bisa dilalui kendaraan.

Sementara informasi dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, ada beberapa titik genangan air yakni di Jl. Mangga Besar sekitar 20-30 cm, di depan apartemen Gading arah Cempaka putih 20 cm, di Jl. terusan Gusti Ngurah Rai Jaktim sekitar 60 cm.

Selanjutnya di Jl. Layur Rawamangun dan Matraman sekitar 30 cm, dan Jl. Cikini Jakpus sekitar 20 cm. Selain itu di tengah hujan juga terjadi kebakaran di Jl. KRT Radjiman Jaktim.

Kepala pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ketinggian air di pintu air Manggarai sekitar 950 cm atau siaga I. Selain itu ketinggian air di Karet juga sudah siaga I atau 620 cm.

BNPB meminta warga di sekitar Kanal Banjir Barat dan Ciliwung Kecil yakni di Jl. Kartini, Pasar Baru, Pegangsaan, Kwitang, Roxy, Jelambar dan Grogol agar waspada.

Dia menambahkan untuk kebutuhan evakuasi, logistik dan penanggulangan bencana agar menghubungi call center Siaga Bencana Pusdalops BPBD DKI Jakarta di nomor 021-164. (*)

Pewarta: Budi Suyanto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014