Kami berharap dampaknya tidak hanya dalam bentuk penelitian, tapi juga hasil dan dampak ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggarap penelitian dan pengembangan situs geologi Bumiayu di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
 
Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN Yopi dalam keterangannya di Jakarta Senin
mengatakan, pihaknya menjalin sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Brebes terkait riset situs kepurbakalaan tersebut.
 
"Kami berharap dampaknya tidak hanya dalam bentuk penelitian, tapi juga hasil dan dampak ekonomi jangka pendek," ujarnya
 
BRIN menaruh perhatian khusus terhadap situs geologi Bumiayu yang menjadi saksi bisu terbentuknya Pulau Jawa. Para periset melakukan penelitian dan ekskavasi fosil.
 
Mereka menemukan berbagai bukti terbaru yang bersumber dari data fauna, manusia, maupun artifaktual, termasuk proses migrasi hewan dan manusia di Pulau Jawa sekitar 1,8 juta tahun silam dari periode pleistosen.
 
Selain meneliti situs Bumiayu, BRIN juga melakukan kajian terhadap masalah kemiskinan di Kabupaten Brebes.
 
Yopi menjelaskan bahwa pihaknya membantu mengkoordinasikan segala urusan pemerintah daerah dengan BRIN. Dia meminta agar pemerintah daerah proaktif dalam riset bersama tersebut.
 
“Kami menghargai satu kata kunci penting dari pemerintah daerah, yaitu otonomi daerah. Otonomi daerah memiliki wewenang untuk mengatur 32 urusan konkuren, kami prosesnya adalah mendampingi yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah,” ujar Yopi.
 
Dia berharap sinergi riset bersama ini tidak hanya berdampak pada ekonomi, tapi juga budaya yang menjadi ciri khas Kabupaten Brebes.
 
Penjabat Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar mendukung kegiatan riset dan inovasi tersebut. Dia meminta setiap pengembangan melibatkan kearifan lokal.
 
“Masyarakat selatan -Bumiayu- budayanya sangat bagus dan kearifan lokalnya masih sangat kental. Semoga akan membawa manfaat luar biasa bagi daerah kami, khususnya di Bumiayu,” kata Iwanuddin.
 
Lebih lanjut dia menyampaikan kegiatan riset bersama bisa ke arah pengembangan ekonomi dan poin-poin kajian kebijakan yang dapat menjadi masukan bagi Pemerintah Kabupaten Brebes untuk tujuan menyejahterakan masyarakat Brebes.
 
“Prinsipnya, kegiatan negara ini harus kita junjung bersama. Harapannya, inovasi-inovasi yang ada di Brebes bisa jadi penunjang inovasi nasional lebih maksimal,” kata Iwanuddin.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024