...langkah penting menuju pembentukan sistem keuangan yang lebih aman, lebih terbuka dan bertanggung jawab serta mengembalikan kepercayaan investor di tengah krisis keuangan."
Strasbourg, Prancis (ANTARA News) - Eropa mengambil langkah penting menuju regulasi pasar keuangan yang lebih ketat pada Selasa malam, ketika Parlemen Eropa dan negosiator untuk 28 negara anggota menyetujui kesepakatan dasar setelah perundingan selama dua tahun.

Aturan baru untuk pasar instrumen-instrumen keuangan, yang dikenal sebagai MiFID II, bertujuan untuk menutup celah dalam undang-undang yang ada guna mengekang perdagangan spekulatif dalam komoditas dan mengatur perdagangan frekuensi tinggi, sehingga lebih baik untuk melindungi investor dan membuat pasar lebih aman, lapor AFP.

"Saya menyambut perjanjian dasar yang dicapai hari ini oleh Parlemen Eropa dan Dewan tentang aturan terbaru untuk pasar instrumen-instrumen keuangan," kata Komisioner Pasar Keuangan Uni Eropa Michel Barnier.

"Aturan baru ini akan memperbaiki fungsi pasar modal terhadap manfaat ekonomi riil," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Itu adalah langkah penting menuju pembentukan sistem keuangan yang lebih aman, lebih terbuka dan bertanggung jawab serta mengembalikan kepercayaan investor di tengah krisis keuangan."


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014