Beijing (ANTARA) - China merilis rencana aksi tiga tahun untuk meningkatkan literasi kesehatan bagi seluruh warganya dari tahun 2024 hingga 2027, demikian menurut Komisi Kesehatan Nasional (National Health Commission/NHC) China pada Kamis (6/6).

Literasi kesehatan masyarakat China ditargetkan meningkat rata-rata sekitar 2 persen setiap tahun selama periode ini, menurut rencana yang dikeluarkan bersama oleh NHC, Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional China, serta Administrasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Nasional China.

Langkah-langkah utama yang akan diambil guna mencapai tujuan tersebut termasuk mempromosikan kesehatan dengan lebih baik, mengatur rilis dan penyebaran informasi seputar kesehatan, membangun kekuatan talenta, dan meningkatkan advokasi serta mobilisasi sosial terkait hal ini, urai rencana tersebut.

Literasi kesehatan merupakan indikator penting dalam pembangunan ekonomi dan sosial serta tingkat kesehatan masyarakat.

Rencana tersebut menyoroti pentingnya keterlibatan departemen nonkesehatan dan masyarakat dalam upaya memajukan literasi kesehatan dan perlunya mengalihkan fokus dari pengobatan penyakit ke pencegahan.

Rencana tersebut juga menetapkan bulan Juni setiap tahun sebagai bulan pendidikan literasi kesehatan.

Dalam beberapa tahun terakhir, literasi kesehatan di China terus meningkat dan mencapai 29,7 persen pada 2023, ungkap komisi kesehatan tersebut pada April.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024