Kami informasikan saat ini kondisi kelistrikan di PT PLN Persero UP3 Jambi telah dapat dipulihkan 100 persen pada pukul 23.50 WIB.
Jambi (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Jambi (UP3 Jambi) menyebutkan kondisi kelistrikan di wilayah setempat telah pulih 100 persen.

"Kami informasikan saat ini kondisi kelistrikan di PT PLN Persero UP3 Jambi telah dapat dipulihkan 100 persen pada pukul 23.50 WIB, akibat dari gangguan pada jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 KV di Lubuklinggau-Lahat," kata Manager PLN UP3 Jambi Ediwan, di Jambi, Kamis.

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan, doa dan kerja sama dari seluruh pihak terkait, sehingga proses penormalan ini dapat berjalan dengan baik.

"Kami segenap manajemen PT PLN (Persero) UP3 Jambi mengucapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi selama pemadaman terjadi. Mohon doa agar sistem kelistrikan kita semakin andal dan aman," katanya pula.

Di Jambi terdapat 660 ribu pelanggan PLN, sejak gangguan SUTET yang terjadi pada Selasa (4/6) mengakibatkan suplai listrik ke ratusan ribu pelanggan terganggu.

Ia menjelaskan terkait kompensasi kepada pelanggan harus sesuai regulasi yang berlaku. Sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan arahan mengenai kompensasi tersebut.

"Kami di unit pelayanan sesuai tugas melaksanakan dan memastikan pelayanan kepada pelanggan dapat terpenuhi dengan sebaik-baiknya," kata dia.

Edi menegaskan sejak terjadinya gangguan tersebut, seluruh unsur PLN baik itu UID, UP3, dan yang lainnya berkoordinasi mengisolir penyebab-penyebab gangguan tersebut.

Seluruh unsur PLN, kata dia, memiliki tugas dan tupoksi masing-masing. Untuk di bagian transmisi mereka mempersiapkan suplai kembali melalui transmisi. Kemudian pembangkit mengoperasikan pembangkit-pembangkit yang masih bisa digunakan selama pemulihan sistem.

Ia menyebutkan sejak diketahui gangguan tersebut, petugas-petugas yang terkait dengan transmisi juga langsung terjun ke lapangan membawa peralatan-peralatan untuk melacak penyebab gangguan.

Dia mengatakan, dari sisi distribusi PLN UP3 Jambi, juga melakukan manuver jaringan dan mempersiapkan suplai listrik kepada pelanggan.
Baca juga: PLN penuhi kebutuhan tenaga listrik sembilan gedung baru Unja
Baca juga: UMKM binaan PLN IP UBP Jambi ikuti pameran di Maroko

Pewarta: Tuyani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024