Timika (ANTARA) - Satuan Tugas Operasi Damai Cartenz 2024 mengungkap terduga pelaku pemasok senjata api di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kepala Satgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Ajun Komisaris Besar Polisi Bayu Suseno melalui keterangan resmi di Timika, Rabu, menjelaskan bahwa pada Selasa, 4 Juni 2024, tim satgas berhasil menangkap pemasok senjata api kepada tersangka berinisial MO yang sebelumnya telah ditangkap.

"Tersangka yang kami tangkap pada Selasa, 4 Juni 2024, yakni Petrus Oyaitouw (PO), seorang petani usia 74 tahun yang beralamat di Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua," katanya.

Menurut Bayu, pihaknya mendapat keterangan dari MO yang ditangkap pada Senin, 3 Juni 2024, bahwa Petrus Oyaitouw telah menjual dua pucuk senjata api laras pendek kepadanya.

"Satu senjata api laras pendek telah berhasil dijual dan satunya lagi diamankan oleh Satgas Operasi Damai Cartenz pada Senin 3 Juni 2024," ujarnya.

Baca juga: Polres Yahukimo periksa ASN diduga pemasok senjata KKB

Bayu menjelaskan PO merupakan pemasok senjata api dan amunisi bagi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Sepi Klembiab alias SK yang merupakan Kepala Staf Kodap I Wilayah Tabi.

"Mereka ini merupakan jaringan pemasok senjata api bagi KKB Wilayah Kodap I Tabi dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lanjutan terhadap pelaku," katanya.

Dua orang pelaku saat ini sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Posko Operasi Damai Cartenz 2024 di Jayapura, Papua.

"Kami sedang memeriksa pelaku dan melakukan pengembangan kasus guna mengungkap kasus itu hingga ke akar-akarnya," ujarnya.

Baca juga: Pemasok senjata api ke KKB ditangkap di Nabire
Baca juga: Lima orang terduga pemasok senpi dan amunisi ke KKB diamankan

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024