Madrid (ANTARA News) - Juara bertahan Copa del Rey Atletico Madrid satu langkah menuju perempatfinal kompetisi tersebut tahun ini kendati seri 1-1 dalam laga tandang melawan Valencia pada leg pertama babak 16 Besar.

Raul Garcia membawa tim tamu unggul lebih dulu pada menit 18 setelah memanfaatkan kesalahan kiper Valencia Vicente Guaita.

Valencia bangkit pada masa-masa terakhir dan setelah serangkaian penyelamatan gemilang dari kiper Atletico Thibaut Courtois, akhirnya bisa menyamakan kedudukan ketika Helder Postiga menciptakan gol setelah menerima umpan Sofiane Feghouli pada menit 3 waktu tambahan.

Kendati akan menghadapi laga berat di La Liga melawan Barcelona hari Sabtu nanti, bos Atletico Diego Simeone menurunkan tim terkuat dengan hanya mengganti empat pemain dari formasi yang mencetak kemenangan 1-0 dari Malaga akhir pekan lalu.

Dan meskipun Valencia menguasai mayoritas penguasaan bola pada awal babak pertama, Atletico adalah tim yang banyak menciptakan peluang melalui serangan balik, termasuk saat Guaita menghalau tendangan Garcia.

Courtois menjadi kiper yang lebih sibuk menghalau serangan pada babak kedua dan menciptakan penyelamatan gemilang saat mematahkan upaya Juan Bernat.

Tim tamu mendapat hadiah gol ketika Guaita meninju bola kiriman tendangan penjuru dari Gabi yang mengarah ke kepala Garcia dan tak ayal disundul Garcia masuk ke gawang Valencia.

Setelah itu Courtois menciptakan penyelamatan cemerlang saat menghadapi Pablo Piatti dan Feghouli, sedangkan Sergio Canales membuang sia-sia peluang menciptakan gol. Sebelumnya Courtious yang asal Belgia itu lagi-lagi mementahkan upaya Piatti lainnya.

Akhirnya tekanan pada menit-menit terakhir dari Valencia terbayar lunas ketika Postiga memaksimalkan umpan Feghouli untuk menghidupkan harapan tuan rumah saat bertandang ke Vicente Calderon hari Selasa pekan depan, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014