Jakarta (ANTARA News) - Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) AP Batubara mengajak jajaran pemerintah dan segenap bangsa Indonesia untuk melaksanakan perintah UUD 1945 dan Pancasila secara murni dan konsekuen.

"Dengan melaksanakan aturan dan nilai yang ada UUD 1945 dan Pancasila, maka kita akan segera cepat mewujudkan tujuan bernegara, yaitu masyarakat adil dan makmur," katanya kepada pers di Jakata, Selasa.

Menurut anggota Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDIP itu, banyaknya kasus korupsi, degradasi moral oleh sebagian pejabat dan aparat hukum Indonesia, menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila tidak dilaksanakan secara konsekuen," katanya.

Oleh karena itu, AP Batubara meminta dunia pendidikan mulai SD hingga perguruan tinggi agar mengembangkan materi pendidikan UUD 1945 dan Pancasila sehingga dapat menjadi pedoman perilaku bagi setia warga Indonesia.

"Dengan melaksanakan nilai-nilai luhur bangsa berupa Pancasila dan pasal-pasal dalam UUD 1945 maka perilaku yang menyimpang dapat dicegah dan bangsa Indonesia mengembangkan nasionalisme mewjudkan kesejahteraan dan kemakmuran besama," katanya.

Ketika menanggapi pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mempersilakan kaum muda untuk menjadi pemimpin, AP Batubara memberikan dukungannya.

"Itu merupakan hal yang wajar jika Megawati mengeluarkan pernyataan seperti itu. Megawati memberi kesempatan kepada kader mudanya untuk maju," katanya.

Namun, AP Batubara menolak anggapan kalau pernyataan Ketum PDIP itu merupakan sinyal kepada tokoh muda PDIP seperti Joko Widodo untuk maju pada Pilpres 2014.

"Soal siapa yang bakal diusung PDI Perjuangan sebagai capres dan cawapres, kita baru akan mengumumkannya pada bulan April mendatang," katanya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014