Nanti kami lihat, apakah akan tetap menggunakan tarif yang ada sekarang
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menyebutkan pihaknya membuka peluang melakukan perpanjangan tarif promosi Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek yang sebelumnya dijadwalkan berakhir pada 31 Mei 2024.

“Bisa saja nanti itu (tarif promosinya) diperpanjang. Bisa aja,” ujar Adita ketika ditemui setelah acara penghargaan jurnalistik di Gedung Kementerian Perhubungan Jakarta, Rabu.

Adita mengatakan bahwa persoalan perpanjangan tarif promosi LRT tersebut sedang didiskusikan oleh Direktorat Jenderal Perkerataapian Kemenhub dan pihak LRT.

Adapun sejumlah aspek yang menjadi pertimbangan adalah tingkat keterisian kereta, hingga tingkat pelayanan yang diberikan oleh LRT kepada para penggunanya.

“Nanti kami lihat, apakah akan tetap menggunakan tarif yang ada sekarang,” ujar Adita.

Baca juga: Kemenhub perpanjang tarif promo LRT Jabodebek hingga 31 Maret 2024

Baca juga: Kemenhub minta pembangunan LRT Fase 1B perhatikan integrasi antar moda


Lebih lanjut, apabila tidak memungkinkan untuk memperpanjang promosi maka Adita tidak menutup peluang diterapkannya skema lain terkait tarif MRT.

“Mungkin saja ada skema yang lain,” kata dia.

Adita mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan mengupayakan agar keputusan terkait keberlanjutan tarif promo LRT dapat disepakati sebelum 31 Mei 2024.

“Seharusnya demikian (selesai sebelum 31 Mei 2024),” kata dia.

Sebelumnya, melalui akun instagram resmi LRT Jabodebek yang bernama pengguna lrt_jabodetabek, diumumkan bahwa tarif promo LRT Jabodetabek berlaku hingga 31 Mei 2024.

Tarif LRT Jabodebek menggunakan skema peak dan non-peak hour. Untuk jam Peak Hour dengan tarif maksimal Rp20.000 dan non-Peak Hour dengan maksimal Rp10.000.

Lebih lanjut, untuk tarif saat akhir pekan atau weekend (Sabtu, Minggu) dan Libur Nasional, para pelanggan tetap bisa menikmati tarif spesial dengan maksimal Rp10.000.

Baca juga: Kemenhub dan KAI tandatangani perjanjian PSO LRT Jabodebek 2023

Baca juga: DJKA Kemenhub: 12 trainset LRT Jabodebek siap beroperasi

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024