"Kita ingin meningkatkan kompetensi dan profesionalisme petugas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab,"
Kota Gorontalo (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Gorontalo menggelar pelatihan fisik, mental dan disiplin serta pembinaan satuan tugas keamanan dan ketertiban petugas Pemasyarakatan di Pangkalan Angkatan Laut Gorontalo.

Kepala Kanwil Kemenkumham Gorontalo Pagar Butar Butar usai kegiatan, Senin mengatakan pelatihan itu diikuti oleh pegawai Kanwil Kemenkumham dan petugas dari tujuh UPT Pemasyarakatan.

"Kita ingin meningkatkan kompetensi dan profesionalisme petugas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab," ucap Pagar.

Ia menjelaskan, melalui kegiatan yang menghadirkan pelatih dan Angkatan Laut tersebut, pihaknya ingin mengkombinasikan latihan olah raga dan pembinaan mental, membentuk karakter yang tangguh dan disiplin bagi petugas Pemasyarakatan.

"Ini bertujuan menguatkan tugas dan fungsi serta memastikan kinerja petugas pemasyarakatan tetap prima, melahirkan ide dan inovasi," ucap dia.

Para peserta yang berjumlah 54 orang itu juga dilatih untuk selalu waspada sebagai petugas keamanan, menyiapkan diri akan mendeteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, serta meningkatkan kesadaran petugas pemasyarakatan akan pentingnya persiapan mental dan fisik dalam melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal.

"​​Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk petugas Pemasyarakatan terkait dengan penanaman dan implementasi jiwa integritas serta mempunyai sikap dan pribadi yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas kedinasan sehari-hari," harap Pagar.

Kepala Kanwil mengingatkan kepada seluruh petugas pemasyarakatan untuk tetap konsisten melaksanakan tugas semaksimal mungkin, melaksanakan tugas pengamanan secara humanis, cari, temukan dan selesaikan setiap masalah sekecil apapun dengan tuntas.

"Jaga marwah pemasyarakatan jangan pernah kalian gadaikan seragam dan pangkat kalian," katanya.

Ketua Panitia kegiatan tersebut Bawono Ika Sutomo menambahkan, selain meningkatkan kemampuan fisik, mengasah ketahanan mental, pihaknya ingin menanamkan disiplin dan etika kerja yang tinggi, memperkuat solidaritas dan kerja sama tim di antara Petugas Pemasyarakatan.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024