Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, membantu memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat di wilayah itu dengan melakukan aksi donor darah massal yang melibatkan puluhan anggota polisi setempat.

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni di Baturaja, Selasa, mengatakan bahwa aksi donor darah tersebut dilaksanakan dalam rangkaian menyambut HUT Ke-78 Bhayangkara Tahun 2024.

Dia mengatakan, aksi donor darah tersebut bersinergi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dengan melibatkan tim medis dari Sie Dokkes Polres OKU.

Baca juga: Polres Biak bantu PMI penuhi permintaan kantong darah

"Ada puluhan personel Polres OKU yang mengikuti kegiatan ini. Bahkan, saya sendiri turut serta mendonorkan darah," kata Kapolres Imam.

Dia menjelaskan, kegiatan sosial tersebut dilakukan untuk membantu mencukupi kebutuhan darah bagi masyarakat di Kabupaten OKU untuk kebutuhan medis.

Menurut dia, selain bermanfaat bagi kesehatan pendonor, setetes darah juga sangat penting bagi kelangsungan hidup seseorang, khususnya pasien yang sedang menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Baca juga: Satpolair Bangka Barat bakti sosial donor darah

Untuk itu, pihaknya berinisiatif menggelar bakti sosial untuk mendonorkan darah para anggota polisi yang sudah melalui tahap pemeriksaan kesehatan.

"Setelah melalui pemeriksaan kesehatan ada sebanyak 71 anggota yang layak mendonorkan darahnya," ujar dia.

Kapolres berharap darah yang didapat ini dapat bermanfaat dan menambah stok darah di PMI OKU agar mencukupi kebutuhan masyarakat di wilayah setempat.

Baca juga: Basarnas Pangkalpinang gelar donor darah massal

"Darah yang didapat dari para anggota hari ini akan disumbangkan ke PMI OKU untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah," ujarnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024