Hari ini kami melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Tugu Pagoda dan Gapura sebagai pintu masuk ke Chinatown
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mulai melakukan pembangunan Chinatown, ditandai dengan groundbreaking atau peletakan batu pertama di Jalan ikan Hiu, Kecamatan Teluk Betung Selatan.

"Hari ini kami melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Tugu Pagoda dan Gapura sebagai pintu masuk ke Chinatown," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, di Bandarlampung, Senin.

Dia pun mengungkapkan bahwa pada pembangunan Chinatown ini, Pemkot Bandarlampung akan membangun empat pintu masuk dan dua pintu keluar.

"Kami juga akan memperbaiki trotoar, jalan, dan lampu khas dengan ornamen Tionghoa agar serupa dengan Chinatown. Tetapi tetap tidak meninggalkan ciri khas lamanya," kata dia.

Eva mengatakan bahwa tujuan di bangunnya Chinatown untuk dijadikan sebagai destinasi kuliner di wilayah Teluk Betung Selatan, kota setempat.

"Pembangunan Chinatown Bandarlampung ditargetkan rampung secara keseluruhan pada akhir 2026. Kemudian untuk anggarannya secara keseluruhan sebesar Rp25 miliar," kata dia.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandarlampung, Muaimin mengatakan pembangunan pagoda pada proyek Chinatown memakan biaya Rp1 miliar dan gapuranya sebesar Rp2 miliar.

"Pagoda yang akan di bangun ini memiliki tinggi 9 meter, diameter 6 meter dengan 9 tingkat. Untuk gapuranyan memiliki tinggi 18 meter," kata dia.

Baca juga: SPAM Bandarlampung wujudkan asa warga penuhi air bersih 
Baca juga: Pemkot Bandarlampung pasangi stiker tempat usaha penunggak pajak
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024