Jakarta (ANTARA News) - Monumen Nasional (Monas) Jakarta padat pengunjung pada Rabu sehingga beberapa orang harus mengantre sampai dua jam untuk masuk ke monumen yang dibangun di tengah lapangan Merdeka mulai tahun 1961 tersebut. 

"Saya tadi ngantri masuk sudah sekitar dua jam berdiri, mana panas dan sumpek," kata Heti Ruyani (44), seorang pengunjung asal Medan. Nani Suhaerni (23), pengunjung asal Jakarta, juga mengeluh kepanasan saat memasuki terowongan menuju Monas yang penuh sesak sejak dari pintu masuk.

"Orangnya terlalu banyak, meski Ada AC tapi tidak terasa karena banyak orang yang di dalam," kara Nani.

Petugas Bagian Humas Monas Muhazir mengatakan pengelola memberlakukan sistem buka tutup pintu masuk Monas untuk mengurangi kepadatan pengunjung. "Pintu dibuka dan ditutup setiap 15 menit sekali agar pengunjung tidak terlalu membludak," kata Muhazir, yang memperkirakan pengunjung Monas bisa mencapai 7.500 orang hari ini.


Petugas keamanan yang disiagakan di pintu-pintu masuk dan keluar hanya 15 personel karena itu Muhazir mengimbau pengunjung untuk berhati-hati dan menjaga baik-baik barang bawaan.



Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013