Jakarta (ANTARA) - Nama aktris Malaysia peraih Oscar Michelle Yeoh masuk ke dalam daftar yang diblokir oleh simpatisan Palestina di Malaysia yang tergabung dengan gerakan Blockout 2024.

Laman Channel News Asia, Jumat, melaporkan nama Michelle Yeoh masuk ke dalam daftar blokir bersama aktris Malaysia lainnya, antara lain Anna Jobling dan Neelofa. Setidaknya terdapat 30 nama yang masuk ke dalam daftar blokir yang beredar di media sosial pengguna Malaysia.

Blockout 2024 adalah gerakan memblokir akun media sosial milik pesohor yang dinilai tidak bersuara atau tidak cukup bersuara tentang isu Palestina. Dengan memblokir akun tokoh masyarakat tersebut, berarti simpatisan Palestina tidak akan melihat konten apa pun yang dibagikan selebritas yang mereka blokir di media sosial — tidak ada unggahan, tidak ada foto atau video, dan tidak ada unggahan kolaborasi dengan sponsor.

Blokir tersebut ditujukan untuk memengaruhi penayangan, interaksi dan pada akhirnya pendapatan para selebritas karena jumlah orang yang berinteraksi dengan konten dapat menghasilkan uang bagi pemilik akun.

Baca juga: Blockout 2024: aksi blokir akun selebriti yang bungkam soal Gaza
 
Michelle Yeoh dinilai  tidak vokal mengenai agresi Israel, meskipun pada 10 Maret, dia berbicara kepada kantor berita AP, menggambarkan protes yang menyerukan gencatan senjata di Gaza sebagai hal yang “mengkhawatirkan.”
 
Pada 3 Mei, ia menerima Presidential Medal of Freedom dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Penghargaan itu diberikan kepada sosok yang telah berkontribusi terhadap keamanan dan kehidupan sipil Amerika.

Media AS melaporkan gerakan Blockout 2024 dimulai di Met Gala di New York pada 6 Mei karena dipicu oleh reaksi marah terhadap video yang diunggah oleh pendengung TikTok Haley Kalil, yang menunjukkan dia melakukan sinkronisasi bibir dengan kata-kata “biarkan mereka makan kue” di luar acara.
 
Kalimat tersebut sering dikaitkan dengan Ratu Prancis pada masa Revolusi Prancis, Marie Antoinette. Pada masa itu, para pemimpin yang tidak merasakan pergumulan sehari-hari masyarakat, menyarankan masyarakat memakan kue bahkan ketika mereka tidak memiliki roti, yang dianggap sebagai makanan pokok.
 
Sejumlah media memberitakan bahwa selebritas seperti Taylor Swift, Selena Gomez dan Billie Eilish telah kehilangan ratusan ribu hingga sekitar satu juta pengikut di akun Instagram dan TikTok mereka karena gerakan Blockout.
 
Selebritas Malaysia dan Amerika bukan satu-satunya yang merasakan dampak terberat dari pemblokiran itu. Sejumlah bintang K-pop pun diblokir oleh penggemar internasionalnya.

Di Indonesia, terdapat akun Blokcout berdomain Indonesia yang juga menyerukan boikot terhadap selebritas dan jenama Indonesia atas pendirian atau sikap diam mereka terhadap Gaza.

Baca juga: Michelle Yeoh tampil glamor di karpet merah Oscar 2024

Baca juga: Michelle Yeoh jadi salah satu dari delapan anggota IOC terpilih

Baca juga: Bella Hadid ikuti aksi dukung Palestina di New York

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024