Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa memiliki elektabilitas atau keterpilihan tertinggi di antara calon presiden dari partai-partai Islam, demikian survei yang dilakukan Indo Barometer.

"Hatta memperoleh hasil 11 persen saat responden diberi pertanyaan seandainya pemilu dilakukan hari ini, mana yang akan dipilih sebagai presiden dari lima nama," demikian hasil survei yang diperoleh di Jakarta, Senin.

Sementara itu diurutan kedua adalah Yusril Ihza Mahendra (PBB) dengan angka 6,6 persen, Muhaimin Iskandar (PKB) 5,3 persen, Suryadharma Ali (PPP) 0,7 persen dan M Anis Matta (PKS) 0,7 persen. Sebanyak 45,5 persen belum memutuskan dan 22,5 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Mengenai alasan melakukan survei, disebutkan, di luar isu capres dari Partai Golkar, PDIP, Gerindra dan Partai Demokrat, juga berkembang wacana koalisi partai-partai Islam atau berbasis massa Islam untuk mengajukan calon presiden mereka sendiri.

Isu ini memang belum terlalu berkembang, namun jika betul-betul terjadi, gabungan dari partai Islam mungkin dapat memenuhi syarat perolehan 20 persen kursi atau 25 persen suara.

Atas dasar tersebut survei ingin melihat elektabilitas ketua umum partai Islam untuk melihat siapa yang paling populer di antara mereka sendiri. Survei dilakukan 4-15 Desember 2013.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013