kesediaan nama-nama dan tokoh besar untuk bergabung sebagai penasihat di KPPU, insyaAllah akan mampu mengangkat marwah dan kinerja KPPU ke depan
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menetapkan tiga tokoh publik yakni Fuad Bawazier, Burhanudin Abdullah, dan Sahala Benny Pasaribu sebagai Dewan Penasihat guna memberikan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan strategis.
 
Penetapan Dewan Penasihat itu dilakukan langsung oleh Ketua KPPU M. Fanshurullah Asa untuk mewujudkan penerapan efektif Undang-Undang Persaingan Usaha dan Undang-Undang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
 
“Dengan kesediaan nama-nama dan tokoh besar untuk bergabung sebagai penasihat di KPPU, insyaAllah akan mampu mengangkat marwah dan kinerja KPPU ke depan, sebagai satu-satunya otoritas pengawas persaingan usaha di republik ini,” kata Ketua KPPU di Jakarta, Kamis.
 
Dirinya menjelaskan ketiga tokoh tersebut dipilih karena memiliki pengalaman dalam bidang ekonomi dan dunia usaha, serta pernah menjabat posisi strategis dalam pemerintahan.
 
Adapun Fuad Bawazier merupakan mantan Menteri Keuangan RI yang juga pernah menjadi Anggota DPR RI periode 1999-2004, dan periode 2004-2009.
 
Sedangkan Burhanudin Abdullah merupakan Menteri Koodinator Bidang Perekonomian di bawah Pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur), serta pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia dan Gubernur International Monetary Fund (IMF) di Indonesia.
 
Sementara itu, Sahala Benny Pasaribu merupakan Ketua KPPU tahun 2009-2010 dan Anggota KPPU Periode 2006-2012. Beliau juga pernah menjadi Ketua Panitia Anggaran, Ketua Komisi IX DPR RI, serta Deputi di Kementerian BUMN.
 
Lebih lanjut Ketua KPPU mengatakan, selain Dewan Penasihat, dirinya juga menunjuk tiga orang sebagai Dewan Pakar guna mengoptimalkan peran KPPU di masyarakat dalam menjaga ekosistem persaingan usaha di Indonesia.
 
Dewan Pakar tersebut terdiri dari Muhammad Aswan dari Universitas Hasanuddin Makassar, praktisi multi bidang Taufikurrahman, dan Widya Ais Sahla Karsayuda dari Politeknik Negeri Banjarmasin.

Baca juga: KPPU-Bea Cukai kolaborasi cegah persaingan usaha dari impor ilegal
Baca juga: Kemenhub tak temukan tiket pesawat di atas TBA saat angkutan Lebaran
Baca juga: KPPU: Kemitraan usaha harus untungkan semua pihak

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024