Jakarta (ANTARA) -
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) E. Aminudin Azis mengatakan bahwa kegemaran membaca perlu dibangun sebagai upaya utama dalam menghadirkan tingkat literasi yang tinggi di Tanah Air.
 
"Mari kita ubah pemikiran bahwa yang akan kita bangun adalah kegemaran membaca untuk menuju literasi tinggi," kata Aminudin saat menjadi pembicara kunci dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2024 bertema "Menata Ulang Konsep dan Praktik Pembangunan Literasi" di Jakarta, Selasa.
 
Lebih lanjut, dia menjelaskan terdapat sejumlah cara untuk membangun kegemaran membaca pada masyarakat Indonesia. Pertama, menghadirkan buku-buku atau bacaan yang beragam dan menarik bagi para pembaca.

Baca juga: Perpusnas luncurkan sejumlah inovasi, tingkatkan kegemaran membaca
 
"Yang harus kita kerjakan adalah memberikan fasilitasi menyediakan sebanyak mungkin buku yang berbeda untuk pangsa-pangsa yang berbeda. Untuk anak-anak harus seperti apa, remaja seperti apa, dewasa seperti apa," ucapnya.
 
Terkait dengan hal itu, kata Aminudin, Perpusnas berkolaborasi dengan para mitra untuk menyediakan buku dengan ragam dan jumlah yang besar.
 
Berikutnya, cara kedua dalam membangun kegemaran membaca adalah menyusun, menata, dan memajang buku di perpustakaan dengan semenarik mungkin. Menurut Aminudin, sejauh ini buku-buku di perpustakaan hanya disusun rapi di rak-rak buku.

Baca juga: Perpusnas wadahi berbagi praktik baik soal perpustakaan lewat rakornas
 
"Kita temukan di perpustakaan-perpustakaan display-nya yang ala kadarnya, maka kita ingin semua orang bergerak pada arah yang sama dalam memanfaatkan buku itu, mulai dari men-display buku, memajang buku, sampai kepada pemanfaatannya," kata dia.
 
Selanjutnya, cara yang ketiga adalah menyiapkan program pembangunan kegemaran membaca yang meliputi penentuan waktu efektif dalam membuat seseorang menggemari kegiatan membaca.
 
Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2024 akan membahas tiga pokok bahasan, yakni tiga program besar Perpusnas yang meliputi penguatan budaya baca dan literasi, pengarusutamaan naskah Nusantara, serta standarisasi dan pembinaan tenaga perpustakaan yang ditujukan untuk pemetaan perpustakaan sesuai standar nasional perpustakaan.

Baca juga: Perpusnas akan redefinisi arti literasi agar mudah dipahami masyarakat
 
Rakornas diharapkan dapat meningkatkan kinerja Perpusnas dalam menjawab tantangan dan kebutuhan organisasi serta masyarakat.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024