Mataram (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyebut sebanyak 393 calon haji asal Kota Mataram tahun 1445 Hijriah/2024 yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) satu Embarkasi Lombok sudah tiba di Tanah Suci.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Mataram H Kasmi di Mataram, Senin, mengatakan, informasi dari ketua kloter menyebutkan jamaah kloter pertama Embarkasi Lombok tiba di Madinah pada Minggu (12/5/2024) tepat saat waktu shalat Ashar.

"Alhamdulillah, jamaah bisa langsung shalat Ashar berjamaah di Masjid Nabawi," katanya.

Sebanyak 393 calon haji tersebut merupakan jamaah kloter utuh Kota Mataram yang masuk asrama haji pada Sabtu (11/5/2024) dan diterbangkan ke Madinah pada Minggu pagi sekitar pukul 06.00 Wita.

Sementara menyinggung tentang kondisi 393 jamaah, kata Kasmi, menurut informasi ketua kloter semua dalam kondisi sehat walafiat termasuk 15 calon haji yang menggunakan kursi roda.

Jamaah kloter satu ini akan berada di Madinah selama delapan hari untuk melaksanakan ibadah Arbain atau shalat wajib lima waktu secara berjamaah di Masjid Nabawi.

Di sela-sela itu, jamaah juga bisa melaksanakan ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan makam para sahabat serta ke tempat-tempat bersejarah lainnya di Kota Madinah Al-Munawwarah.

"Setelah delapan hari melaksanakan ibadah Arbain, barulah jamaah diberangkatkan menuju Makkah," katanya.

Kasmi mengatakan, total jamaah calon haji Kota Mataram tahun 2024 sebanyak 669 orang dan ditambah 10 orang petugas sehingga menjadi 679 orang.

Dari 669 calon haji itu, tercatat 183 laki-lak dan 210 perempuan. Selain itu, tercatat 144 orang lansia 282 masuk kategori risiko tinggi atau 73 persen.

Jamaah haji asal Kota Mataram terbagi menjadi dua kloter yakni kloter satu Embarkasi Lombok sebanyak 393 jamaah yang saat ini sudah di Madinah, dan kloter tujuh Embarkasi Lombok sebanyak 286 jamaah.

Untuk 286 jamaah Kota Mataram kloter tujuh tergabung dengan jamaah Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Barat, dijadwalkan masuk asrama pada Minggu (19/5) dan diterbangkan ke Tanah Suci pada Senin (20/5-2024).

Baca juga: Kemenag sediakan layanan khusus bagi 45.678 orang JCH lanjut usia

Baca juga: Empat calon haji Babel batal berangkat ke Tanah Suci

Pewarta: Nirkomala
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024