Jakarta (ANTARA) - Pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama tampil lebih baik pada seri kedua race 1 Red Bull Rookies Cup 2024 di Sirkuit Le Mans, Prancis, Sabtu, ketika ia finis di posisi kesepuluh.

Veda mendapatkan starting grid di posisi ke-11 setelah ia gagal menyelesaikan sesi kualifikasi dengan baik pada Jumat (10/5) setelah terjatuh, setelah sebelumnya ia tampil cukup apik di latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2) dimana ia menjadi yang tercepat kelima.

Veda memacu gasnya pada lap pertama dan naik dua tingkat pada posisi ke-9 setelah Marco Morelli yang memimpin balap terjatuh di tikungan enam.

Pada lap kedua, pembalap 15 tahun itu menempati posisi kedelapan setelah menyalip pembalap Italia Giulio Pugliese.

Ia lalu saling berebut posisi dengan Pugliese sebelum kemudian ia terlempar ke posisi ke-11 ketika pembalap Italia Leonardo Zanni dan pembalap Amerika Serikat Kristian Daniel mendahuluinya saat memasuki lap ketiga.

Baca juga: Veda Ega Pratama raih poin perdana di Red Bull Rookies Cup

Tak berselang lama kemudian, ia menyalip Daniel untuk mengambil alih posisi kesepuluh.

Veda tertinggal cukup jauh dari rombongan pembalap di depannya dan di sisi lain ia yang tak mendapat gangguan berarti dari pembalap lain, membuat posisi kesepuluh masih ia tempati.

Pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama berpose dengan motor yang digunakannya di Red Bull Rookies Cup 2024. (ANTARA/Red Bull Rookies Cup)
Hingga kemudian, muncul Daniel yang mengganggu posisi kesepuluhnya pada lap terakhir. Namun, saat memasuki garis finis Veda mampu merebut posisi kesepuluhnya kembali untuk finis lebih baik setelah race kedua seri pembuka Red Bull Rookies Cup di Sirkuit Jerez ketika ia finis di posisi kesebelas dua pekan lalu.

Sementara itu, balapan dengan 15 lap ini dimenangkan pembalap Spanyol yang juga mendapatkan pole position, Maximo Quiles.

Baca juga: Veda Ega dua kali terjatuh pada debutnya di Red Bull Rookies Cup

Pembalap Finladia Rico Salmela mengamankan podium kedua dan pembalap Spanyol lainnya Alvaro Carpe melengkapi podium ketiga.

Kemenangan ini membuat Quiles memimpin klasemen sementara dengan 54 poin, meraih poin yang sama dari Carpe yang ada di posisi kedua, dan unggul 12 poin dari Valentine Perrone di posisi ketiga.

Untuk Veda, tambahan enam poin membawa pembalap asal Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini menempati posisi ke-13 klasemen sementara dengan 11 poin.

Race 2 di Sirkuit Le Mans akan dimainkan pada Minggu (12/5) pukul 13.35 WIB.

Baca juga: Veda Ega naik kelas ke balapan Eropa dengan ikuti Red Bull Rookies Cup

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024