Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengingatkan para ibu untuk mulai berinvestasi demi memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan.

"Konsumsi itu baik tapi jangan sampai setiap sen yang dihasilkan hanya dialokasikan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif," kata Gita dalam Lokakarya Sadar Keuangan, di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, peran seorang ibu untuk mengelola dana dalam rumah tangga sangat penting. Pihaknya berpesan agar pengeluaran untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif juga diimbangi dengan penghematan atau upaya menabung.

"Konsumsi kalau tidak ditopang dengan penghematan atau menabung, nanti bisa nggak balance. Jadi ibu-ibu, saya imbau agar lebih bijaksana, investasikanlah dana berapapun untuk kepentingan sekolah anak-anak dan kesehatan anggota keluarga," katanya.

Dia mencontohkan bahwa pembelian motor bukanlah suatu bentuk investasi melainkan bersifat konsumtif. Beberapa contoh bentuk investasi diantaranya adalah deposito, pembelian tanah, sawah dan rumah. Tanah dan properti menurutnya merupakan investasi yang baik karena memiliki peluang untuk mengalami kenaikan harga di kemudian hari.

Pihaknya pun mengapresiasi langkah perusahaan asuransi Prudential Indonesia yang menyelenggarakan program Sadar Keuangan bagi ratusan perempuan pedagang PD Pasar Jaya.

Program ini memberikan bekal pengelolaan dana kepada para perempuan pedagang pasar tradisional yang diharapkan selanjutnya mereka bisa lebih mengembangkan usaha yang dimiliki dan berdampak positif bagi perdagangan nasional.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013