Saya pikir peluang kami, musim ini, yang merupakan musim pertama saya, tidak dapat dibandingkan dengan peluang-peluang yang dimiliki klub-klub lain,"
London (ANTARA News) - Jose Mourinho mengakui ia tidak mempertimbangkan Chelsea sebagai salah satu tim favorit untuk memenangi Liga Champions.

Klub Liga Utama Inggris itu telah lolos ke fase gugur dan akan lolos sebagai juara Grup E jika mereka mengalahkan Steaua Bucharest di Stamford Bridge pada pertandingan terakhirnya di fase grup.

Hal itu akan membawa pelatih Chelsea Mourinho satu langkah lebih dekat untuk menjadi pelatih pertama yang menjuarai kompetisi itu dengan tiga klub berbeda, setelah sebelumnya mengangkat trofi bersama FC Porto dan Inter Milan.

Namun pria Portugal itu menegaskan bahwa Bayern Munich, Barcelona dan Real Madrid merupakan tim favorit pada musim ini, di mana klubnya sendiri tidak dimasukkannya sebagai salah satu tim favorit juara Eropa.

"Saya pikir peluang kami, musim ini, yang merupakan musim pertama saya, tidak dapat dibandingkan dengan peluang-peluang yang dimiliki klub-klub lain," kata Mourinho.

"Saya pikir klub-klub lain memiliki stabilitas yang benar-benar berbeda, tim, evolusi tim untuk dipertimbangkan sebagai favorit untuk memenangi kompetisi," katanya.

"Kami telah mencapai babak 16 besar. Jika kami mencapai perempat final, yang merupakan langkah selanjutnya, setiap tim di perempat final memiliki peluang untuk memenanginya," ujarnya.

"Namun dalam analisis saya, saya pikir kami tidak dipertimbangkan sebagai salah satu favorit untuk memenangi kompetisi," tambahnya.

"Dalam analisis saya, favorit-favorit saya adalah Bayern - juara Eropa dan klub peringkat teratas (di Liga Jerman), dengan pemain-pemain yang sama dan manajer baru, tim yang sama dan tim yang memiliki stabilitas yang tidak dapat dipercaya."

"Mereka memenanginya tahun lalu, berada di final sebelumnya, di final 2010. Stabilitas fantastik di level ini. Barcelona. Real Madrid. Dan tiga tim ini, benar-benar dalam pengertian potensi dan tanggung jawab, berada di depan," katanya.

Mourinho menambahkan, "Namun saya dapat berkata bahwa tim-tim lain sangat kuat. Dan salah satu dari tim-tim ini sampai pada babak delapan besar, apapun dapat terjadi. Tim-tim itu tentu saja merupakan Manchester City, Manchester United, Atletico Madrid, Chelsea...itulah grup tim-tim yang tiba di sini."

"Namun kami masih berada di fase pertama. Babak 16 besar, kami akan menemui sejumlah pertandingan sulit sebab beberapa tim penting akan finis di peringkat kedua," demikian dikutip dari AFP.
(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013