Johannesburg (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Selasa tiba di Afrika Selatan untuk menghadiri upacara penghormatan bagi tokoh anti-apartheid Nelson Mandela di stadion Soweto, Johannesburg.

Obama dan istrinya Michelle turun dari pesawat Air Force One di pangkalan udara Waterkloof di dekat Pretoria, setelah 16 jam penerbangan, demikian laporan AFP.

Obama, memegang payung hitam, bersama Ibu Negara, menuruni tangga pesawat diikuti mantan Presiden George W Bush dan istrinya, Laura.

Dua mantan presiden AS lainnya, Bill Clinton dan Jimmy Carter, tiba secara terpisah.

Obama, bersama dengan Presiden Kuba Raul Castro, dijadwalkan akan mengadakan pembicaraan di upacara peringatan pada Selasa malam di stadion Soweto yang menjadi tuan rumah Final Piala Dunia 2010.

Mandela meninggal pada Kamis, di kediamannya di Johannesburg, dalam usia 95 tahun, setelah lama menderita infeksi paru-paru,

Sebanyak 91 tamu kehormatan termasuk kepala negara dan pemerintahan, serta 10 mantan kepala negara sampai dengan Senin siang mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghadiri upacara penghormatan tersebut, kata pemerintah Afrika Selatan.

Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma dijadwalkan menyampaikan sambutan pada acara tersebut.

Setelah upacara penghormatan, jenazah Mandela akan disemayamkan di Union Buildings di Pretoria selama tiga hari mulai Rabu.

Rakyat Afrika Selatan dan tamu terpilih internasional akan bisa melihat jenazah Mandela selama masa itu.

Upacara pemakaman akan diselenggarakan di rumah Mandela dan tempat peristirahatan terakhirnya di Qunu, Eastern Cape, pada Minggu, 15 Desember.

(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013