PBB (ANTARA News) - Kepala Badan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa Bangsa Valerie Amos, Selasa, membuat permintaan baru agar Dewan Keamanan PBB menekan Pemerintah Suriah untuk memberikan akses yang lebih luas untuk menjangkau warga sipil yang terperangkap, kata para diplomat.

PBB memperkirakan lebih dari 2,5 juta orang berada di kawasan yang tidak dapat dijangkau oleh Perserikatan Bangsa Bangsa dan badan-badan bantuan lain karena intensitas perang saudara yang telah berlangsung selama 33 bulan itu.

"Kebrutalan konflik ini tidak dapat diterima. Bahkan perang pun memiliki aturan. Dalam konflik ini, aturan tidak dihormati," kata Amos dalam pertemuan tertutup itu, seperti dilaporkan AFP.

"Menjadikan warga sipil sandera konflik tidak dapat diterima," tambahnya, menurut para diplomat yang hadir dalam pertemuan tersebut.

"Pemerintah harus diyakinkan untuk mengizinkan akses kemanusiaan," tambah Amos.

Amos menuntut diambilnya sejumlah langkah termasuk agar pemerintah Suriah mencabut hambatan untuk mengeluarkan visa bagi para pekerja bantuan internasional.

Dewan Keamanan PBB menyetujui sebuah pernyataan pada Oktober yang menyerukan diberikannya akses kemanusiaan yang lebih besar. Negara-negara barat mengatakan pemerintah Suriah telah mengabaikan seruan itu, sementara Rusia, sekutu utama Presiden Bashar al- Assad, mengatakan situasi telah membaik.

Duta Besar Suriah untuk PBB, Bashar Jaafari, membela catatan bantuan kemanusiaan pemerintahnya, dengan mengatakan kepada wartawan jika Pemerintah Suriah telah memberikan 222 visa tahun ini untuk pekerja bantuan asing.

PBB memperkirakan bahwa sekitar 6,8 juta orang di Suriah memerlukan bantuan makanan, obat-obatan dan keperluan lainnya.

Ribuan orang melarikan diri negara itu setiap hari dan Perserikatan Bangsa Bangsa memprediksi bahwa jumlah pengungsi di negara itu di seluruh penjuru Suriah akan naik di atas tiga juta pada akhir tahun ini.

(G003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013