Yogyakarta (ANTARA News) - Gubernur Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, total dana APBN untuk provinsi DIY pada 2009 sebesar Rp5,13 triliun.

"Dana tersebut terdiri atas belanja pegawai dua triliun rupiah, belanja barang Rp1,18 triliun, belanja modal Rp0,29 triliun dan bantuan sosial Rp1,01 triliun," katanya pada penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2009 kepada kepala satuan kerja pemerintah provinsi DIY di bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin malam.

Selain itu, kata Sultan, juga terdapat dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp3,02 triliun dan dana alokasi khusus (DAK) Rp0,29 triliun.

Ia mengatakan, penyerahan DIPA yang dilaksanakan saat ini merupakan simbol dari tanggung jawab dan kesungguhan satuan kerja untuk dapat melaksanakan program kerja dan mengelola anggaran 2009 secara akuntabel, berorientasi pada hasil, propfesional, proporsional dan transparan.

Untuk pelaksanaan anggaran tersebut diharapkan dapat di laksanakan secara lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyerapan dana bagi kepentingan masyarakat.

"Sedangkan untuk tertib pelaporan realisasi pelaksanaan anggaran, aparat pelaksana anggaran yang melakukan kegiatan di DIY tanpa pengecualian harus menyampaikan laporan triwulanan kepada gubernur," katanya.

Aparat pelaksana anggaran diharapkan mengedepankan koordinasi dan kerja sama yang lebih intensif dengan aaparat pemerintah daerah dan masyarakat serta cepat tanggap menyelesaikan keluhan masyarakat atas hasil pelaksanaan pembangunan.

Masyarakat adalah salah satu unsur pengawas yang paling utama dalam menilai keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Karena itu faktor ketepatan waktu sangat mutlak untuk diperhatikan agar tidak ada alasan bagi siapa pun untuk tidak dapat menjalankan program pembangunan yang telah direncanakan dengan baik dan matang.

"Kita ingin seluruh kegiatan yang telah direncanakan dapat mulai dilaksanakan sejak awal tahun anggaran serta dapat diselesaikan secara menyeluruh dan sempurna pada tahun anggaran itu juga," kata Sultan.(*)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009