Umur saya 23 dan saya tidak tahu apa yang terjadi pada saya... Saya sangat menyayangi kalian. Ini tak dapat dipercaya
Los Angeles (ANTARA News) - Taylor Swift mendapatkan penghargaan tertinggi di American Music Award (AMA) 2013 yang diadakan di Los Angles sebagai artist of the year yang dipilih oleh fans.

Penyanyi country/pop itu mengalahkan Macklemore and Ryan Lewis, Rihanna, Bruno Mars, dan Justin Timberlake.

"Angka keberuntungan saya adalah 13, dan kalian membuat tahun 2013 ini ajaib," kata Taylor Switft seperti dikutip di CBS News.

"Umur saya 23 dan saya tidak tahu apa yang terjadi pada saya... Saya sangat menyayangi kalian. Ini tak dapat dipercaya."

Album Taylor yang berjudul "Red" juga berhasil membawanya memenangkan kategori favorite county album.

"Saya tidak percaya dengan apa yang kalian buat untuk saya setahun ini. Album ini keluar setahun yang lalu dan enam juta orang membelinya, ini sungguh gila.. Terima kasih kalian adalah segalanya untuk saya. Saya benar-benar menghargai ini."

Mantan kekasih Harry Style ini juga menerima penghargaan sebagai favorite female country.

Pelantun lagu "We are Never Ever Getting Back Together" bukan satu-satunya penyanyi yang memborong penghargaan.

Justin Timberlake mendapat penghargaan di kategori favorite pop/rock male. "Ini sangat berarti untuk saya, terima kasih," kata Timberlake.

Selain meraih penghargaan favorite pop/rock male Timberlake juga memenangkan kategori favorite soul/R&B male artist dan favorite soul/R&B album.

Sementara penyanyi yang terkenal dengan lagu "Umbrella", Rihanna, meraih favorite soul/R and B female artist. Penyanyi asal Barbados ini sudah tiga kali memenangkan penghargaan di kategori yang sama.

Macklemore and Ryan Lewis mendapat penghargaan favorite rap/hip-hop album.

Boy band yang sedang naik daun, One Direction, menyabet dua penghargaan, yaitu favorite pop/rock group dan favorite pop/rock album dari album kedua mereka "Take Me Home". Ini merupakan kali pertama boy band asal Inggris masuk nominasi AMA. 

Penyanyi pendatang baru, Ariana Grande, menyabet kategori best new artist mengalahkan Florida Georgia Line, Imagine Dragons, Macklemore & Ryan Lewis dan Phillip Phillips.

Kategori yang paling baru, Single of the Year, jatuh kepada Florida Georgia Line featuring Nelly dengan hitnya "Cruise".

Tak hanya bagi-bagi penghargaan, beberapa penyanyi pun menyumbangkan suaranya di AMA 2013 ini.

Seperti Katy Perry yang memakai baju tradisional Jepang saat membawakan lagu terbarunya "Unconditionally".

Selain Katy, One Direction tampil dengan "Story of My Life", Imagine Dragons menyanyikan "Radioactive".

Sementara Pitbul berduet dengan Kesha menyanyikan "Timber". Peraih penghargaan favorite pop/rock male, Justin Timberlake, menyanyikan "Drink you Away".

Lady Gaga juga tidak mau kalah. Mother Monster ini membuka penampilannya dengan menjawab serangkaian telepon, dan telpon yang terakhir ternyata dari R. Kelly, Gaga memanggilnya "President Kelly". Setelah itu, mereka membawakan "Do What U Want".

Miley Cyrus menutup acara dengan "Wrecking Ball"-nya. Penyanyi kontroversial ini lagi-lagi membuat heboh karena tampil dengan memakai bikini. 

Macklemore & Ryan Lewis menyabet enam penghargaan, sementara Taylor Swift dan Justin Timberlake masing-masing mendapat lima penghargaan.

Robin Thicke, Rihanna, dan Florida Georgia Line masing-masing menggondol empat penghargaan, sedangkan Bruno Mars dan Imagine Dragons masing-masing membawa pulang tiga penghargaan.
(Okta Antikasari)

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013