Kami menilai kehadiran ruas jalan tol Sumatera memiliki posisi strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi regional sehingga pengembangan potensi sumber daya alam dapat lebih optimal dan efektif,"
Pangkalpinang (ANTARA News) - Ketua Forum Gubernur se-Sumatera menyatakan percepatan pembangunan ruas jalan tol di daerah Sumatera akan mendorong pertumbuhan ekonomi regional karena dapat menghubungkan serta memperlancar lalu lintas antar wilayah.

"Kami menilai kehadiran ruas jalan tol Sumatera memiliki posisi strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi regional sehingga pengembangan potensi sumber daya alam dapat lebih optimal dan efektif," kata Ketua Forum Gubernur se-Sumatera Gatot Pujo Nugroho di Pangkalpinang di sela-sela rapat koordinasi gubernur se-Sumatera, Kamis.

Ia menjelaskan, potensi sumber daya alam di seluruh Sumatera cukup potensial untuk dikembangkan namun karena tidak didukung dengan sarana ruas jalan tol yang memadai sehingga upaya pemerintah daerah di kawasan itu terhambat.

"Pemerintah pusat juga menilai keberadaan ruas jalan tol Sumatera cukup penting namun karena belum keluarnya Keputusan Presiden (Kepres) tentang penunjukan perusahaan BUMN, maka pelaksanaan proyek tertunda," katanya.

Ia mengatakan, gubernur se-Sumatera telah sepakat untuk menyampaikan rekomendasi percepatan pembangunan proyek ruas jalan tol di Sumatera untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah itu.

"Pemerintah pusat melalui Kepres diharpkan segera menunjuk salah satu perusahaan BUMN untuk merealisasikan rencana pembagunan ruas jalan tol tersebut," tamahnya.

Menurut dia, saat ini Sumatera secara keseluruhan telah memberikan kontribusi sebesar 25,5 persen terhadap keuangan negara sehingga penyelesaian ruas tol itu akan berdampak positif terhadap pemasukan negara.

"Pembukaan ruas tol akan meningkatkan kontribusi Sumatera terhadap keuangan negara karena setiap wilayah memiliki potensi sumber daya alam yang siap dikembangkan secara optimal," jelasnya.

Ia berharap, melalui rapat koordinasi gubernur se-Sumatera itu dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

"Kami akan menyampaikan hasil rekomendasi ini kepada pemerintah pusat agar dapat segera mengambil langkah-langkah strategis dalam merealisasikan kebutuhan regional wilayah," kata Gatot. (*)

Pewarta: Ongku Sutan Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013