Memang hanya satu gol yang tercipta, tapi kita memang menghadapi tim yang kuat. Terima kasih atas dukungan ribuan suporter yang telah hadir ke stadion."
Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia di bawah asuhan Jacksen F Tiago kalah 0-1 dari tuan rumah China pada kualifikasi Piala Asia 2015 di Stadion Shanxi, Xian, China, Jumat.

Dengan kekalahan ini Timnas Garuda harus terpuruk di dasar klasemen Grup C dengan raihan satu poin dari empat pertandingan. Kekalahan ini juga menipiskan peluang Boaz Solossa dan kawan-kawan lolos ke putaran final.

Anak asuh Jacksen F Tiago yang di akhir pertandingan mengalami kekalahan dari tim tuan rumah sebenarnya bermain cukup efektif sehingga lawan sulit mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol.

Gol bagi China baru terjadi pada menit 45 melalui Wu Lei. Memasuki babak kedua Indonesia bermain lebih menekan. Zulham Zamrun dan Samsul Arif serta Boaz Solossa berusaha menyamakan kedudukan. Hanya saja upaya yang dilakukan selalu digagalkan oleh pemain lawan.

Terus melakukan serangan membuat pertahanan Indonesia sedikit melemah. Dampaknya beberapa kali I Made Wirawan berjibaku dengan serangan dari lawan. Pemain Persib Bandung ini cukup cemerlang dalam menjaga pertahanannya.

"Babak pertama tidak sebaik babak kedua. Namun sayang kita tidak bisa menciptakan gol. China bermain bagus dibandingkan saat pertandingan pertama," kata Jacksen F Tiago.

Menurut dia, bertanding di kandang sendiri, China bermain cukup impresif. Apalagi mendapatkan dukungan dari ribuan suporter fanatiknya. Namun demikian pihaknya tetap bangga dengan perjuangan Boaz Solossa dan kawan-kawan.

"Selamat kepada China," kata pelatih asal Brasil itu.

Sementara itu pelatih China Fu Bo mengatakan, kemenangan yang diraih anak asuhnya sangat penting untuk menentukan langkah ke putaran final Piala Asia 2015.

"Memang hanya satu gol yang tercipta, tapi kita memang menghadapi tim yang kuat. Terima kasih atas dukungan ribuan suporter yang telah hadir ke stadion," katanya.

Setelah menghadapi Indonesia, Timnas China akan langsung mempersiapkan diri menghadapi pemuncak klasemen Grup C yaitu Arab Saudi. Sementara Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Selasa (19/11).  (B016/R010)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013