Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meminta pedagang di Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat, tidak selalu menyalahkan pemerintah.

Dalam blusukannya ke Pasar Tanah Abang Blok G kali ini, Jokowi meminta pedagang bisa lebih kreatif agar mampu bersaing secara sehat.

"Pedagang harus berani bersaing kalau gak laku harus berpikir bagaimana caranya untuk laku," kata Jokowi di Jakarta, Senin.

Jokowi mengatakan pemerintah telah membantu agar Pasar Blok G ramai pembeli termasuk memberikan berbagai hadiah "pancingan".

"Cara kita mengundang gak kurang-kurang, kita beri promosi mobil di situ, ajak orang Solo berbelanja disitu," kata Jokowi.

Masalah laku atau tidaknya pasar, menurut Jokowi tergantung kreativitas pedagang dalam memasarkan jualannya.

"Pedagang harus kreatif dong, kalau mau strategis yah jualan aja di Sudirman Thamrin (kawasan Jalan Sudirman dan Thamrin)," ujar dia.

Para pedagang di Blok G Pasar Tanah Abang mengeluh sepinya pengunjung. Beberapa pedagang bahkan mengembalikan kunci kios ke pengelola.

Sebanyak 112 pedagang di Pasar Blok G Tanah Abang telah diberikan surat peringatan (SP) oleh PD Pasar Jaya karena menutup kios dan tidak mematuhi aturan yang ditetapkan untuk tetap membuka kios.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013