Jakarta (ANTARA) -
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengimbau masyarakat yang akan mudik Lebaran 2024 melalui Pelabuhan Merak, Banten, agar menghindari masa puncak arus mudik dengan melakukan perjalanan lebih awal.

"Bisa manfaatkan waktu dan atur waktu untuk hindari puncak-puncak arus mudik. Yang biasanya mungkin melaksanakan kegiatan malam hari, ini bisa bergeser ke siang hari," kata Sigit saat meninjau kesiapan pengamanan arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten, Senin.

Menurut Sigit, masyarakat perlu merencanakan perjalanan lebih awal mengingat terjadi peningkatan jumlah pemudik dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Kapolri bersama Menko Polhukam tinjau kesiapan arus mudik di Merak

Kementerian Perhubungan memperkirakan ada sekitar 193,6 juta orang yang akan mudik atau jumlah ini meningkat 62 persen dari tahun sebelumnya.

"Karena itu, tentunya kami semua mengimbau agar mudik berjalan aman dan lancar, agar apabila tidak ada kegiatan bisa mudik lebih awal dan cepat," ujar Sigit.

Jenderal polisi bintang empat itu menekankan kepada masyarakat bisa melaporkan kepada pos pengamanan atau pos pelayanan terdekat tentang jalur-jalur mudik yang dalam kategori rawan kejahatan maupun kecelakaan.

"Untuk pengamanan yang disampaikan Pak Menko Polhukam terkait dengan kekhawatiran, apabila masyarakat merasa dalam perjalanannya khawatir di wilayah tertentu rawan kejahatan, silakan melapor ke pos terdekat," ujarnya.

Baca juga: Bamsoet ajak warga berangkat mudik H-4 untuk hindari puncak arus

Menurut Kapolri, personel kepolisian akan siap melakukan pengawalan kepada seluruh masyarakat saat melakukan perjalanan mudik di wilayah kategori rawan.

Hal ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat saat melakukan perjalanan mudik.

"Kami akan siapkan pengawalan termasuk di jalur yang banyak kecelakaan lantas di jalur lintas Sumatera," katanya.

Selain di jalur tol, pengaturan dan pengamanan juga dilakukan di jalan arteri yang sedang ada perbaikan di sejumlah titik, termasuk penerangan jalan.

"Juga kita minta ditambahkan rambu-rambu kemudian informasi dan sosialisasi. Sehingga masyarakat betul-betul merasakan perjalanan mudik lancar, aman, dan selamat sampai tujuan masing-masing," kata Sigit.

Baca juga: Polri amankan 80.751 lokasi selama Operasi Ketupat 2024
Baca juga: Menhub: perlu pengaturan khusus terhadap bottleneck dan rest area

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024