Doha, Qatar, 29 Oktober 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- WISE Prize for Education 2013, penghargaan tingkat dunia pertama untuk menghargai kontribusi luar biasa seseorang atau kelompok tertentu di bidang pendidikan, telah dianugerahkan kepada Vicky Colbert dari Kolombia. Pendiri dan Direktur Fundación Escuela Nueva, Colbert merupakan salah satu pencetus model pendidikan Escuela Nueva, yang telah dikenal secara luas karena efektivitasnya di dalam meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan dasar di sekolah-sekolah kurang mampu di Kolombia dan kawasan sekitarnya.
 
http://www.multivu.com/mnr/63486-wise-prize-qatar-awarded-vicky-colbert

Penghargaan tersebut diberikan oleh Yang Mulia Sheikha Moza binti Nasser, Ketua Qatar Foundation, pada sidang paripurna pembukaan konferensi World Innovation Summit for Education (WISE) ke-5 di Doha, Qatar, di hadapan lebih dari 1000 ahli di berbagai bidang yang berasal dari 100 negara.

WISE Prize for Education didirikan pada tahun 2011 untuk meningkatkan status pendidikan dengan menganugerahkan penghargaan internasional bergengsi dengan visi serupa dengan yang saat ini telah ada seperti di bidang sastra, perdamaian, dan ekonomi. Laureate (penerima penghargaan) menerima penghargaan sebesar 500.000 dolar Amerika dan medali emas khusus.

Didirikan pada 1975 di pedesaan Kolombia, model pendidikan ini mulai dari pendekatan dari bawah keatas (bottom-up) dengan mengumpulkan sebuah tim yang terdiri dari para guru di daerah pedesaan untuk mentransformasikan pendidikan ke tingkat yang paling tinggi. Dengan memimpin pendekatan ini, Colbert menciptakan hubungan yang penting antara masyarakat, keluarga, para guru, lembaga penelitian, dan pembuat kebijakan. Model pedagogis yang unik ini telah menjadi kebijakan nasional di Kolombia pada tahun 1980an dan telah berhasil direplikasi di berbagai daerah di seluruh negeri. Kini model pendidikan tersebut telah diadaptasikan oleh sejumlah negara di seluruh dunia dan diakui sebagai salah satu reformasi kebijakan publik yang paling sukses di antara negara-negara berkembang oleh berbagai organisasi termasuk Bank Dunia dan PBB.

Saat memberikan ucapan selamat kepada penerima penghargaan WISE Prize for Education 2013, Yang Mulia Sheikh Abdulla bin Ali Al-Thani, Ph.D., Ketua WISE, mengatakan: "Vicky Colbert telah mendedikasikan hidupnya untuk merevitalisasi pendidikan melalui metode pengajaran yang berpusat pada siswa yang efektif dan relevan yang melibatkan keluarga dan seluruh masyarakat serta guru selama proses pendidikan berlangsung. Karyanya telah memiliki dampak yang signifikan di Amerika Latin dan seluruh dunia, dengan memperluas akses pendidikan berkualitas yang terjangkau bagi kaum kurang mampu.”

Vicky Colbert mengatakan: "Saya sangat tersanjung dan terhormat dapat menerima WISE Prize for Education 2013. Penghargaan ini menegaskan bahwa untuk menyediakan pendidikan bagi semua anak dan memberdayakan mereka untuk belajar sepanjang hayat merupakan fondasi penting bagi pengembangan manusia, dan itu adalah sesuatu yang dapat dicapai apabila guru dan anak-anak diberi alat yang tepat untuk membuat perubahan."

Meskipun terdapat konflik politik yang melanda negara itu selama beberapa dekade, Colbert telah bekerja tanpa lelah sebagai seorang revolusioner yang tenang untuk mengembangkan kesempatan nyata melalui pendidikan. Sampai saat ini, Escuela Nueva telah dilaksanakan di seluruh Amerika Latin - termasuk Brazil dan Meksiko – di Karibia, Timor Timur dan Vietnam serta telah menjangkau lebih dari lima juta anak di seluruh dunia.

Kontak:
media@wise-initiative.org

Sumber: World Innovation Summit for Education (WISE)




 




Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013