kalau bisa ada terus
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjual ribuan paket sembako berisi daging seharga Rp150 ribu per paket di Jakarta Barat untuk membantu warga setempat memperoleh bahan pangan terjangkau jelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Paket kedua tersedia 1.000 paket sembako yang dijual dengan harga Rp150 ribu berisi lima kilogram beras, satu kilogram daging sapi beku, satu kilogram gula pasir dan satu kilogram tepung terigu," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai meninjau sembako murah di Kelurahan Cengkareng Barat, Jakarta Barat, Senin.
 
Heru menyebut, kegiatan sembako murah ini sekaligus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat Jakarta bahwa Pemprov DKI Jakarta memiliki stok pangan yang cukup, baik itu daging, beras, gula, minyak.

Selain itu, Pemprov DKI juga selalu hadir bersama pihak pemangku kepentingan terkait (stakeholders) untuk meringankan beban masyarakat.

Hingga kini, program sembako murah telah digelar di 102 lokasi.

Baca juga: 2.000 paket sembako murah dijual dalam bazar di Kembangan

Heru mengatakan, hampir setengah dari seluruh kelurahan di DKI Jakarta warganya telah merasakan manfaat sembako murah.

Heru turut mengapresiasi mitra pendukung yang telah membantu pelaksanaan kegiatan sembako murah.
 
"Mitra pendukung pada kegiatan hari ini yaitu Bank Indonesia Perwakilan Jakarta, Gapensi JB, dan PLN Peduli. Mitra ini tidak hanya berperan dalam hal penyediaan bahan pangan untuk masyarakat, namun juga mendukung dalam hal operasional pendistribusian bahan pangan," jelas Heru.
 
Lebih lanjut, Heru memaparkan dalam pelaksanaan sembako murah kali ini, tersedia 3.000 paket sembako yang terdiri dari dua jenis.

Paket pertama sebanyak 2.000 sembako dijual seharga Rp100 ribu berisi lima kilogram beras, dua liter minyak goreng, satu kilogram gula pasir, dan satu kilogram tepung terigu, sedangkan paket kedua tersedia 1.000 paket sembako yang dijual dengan harga Rp150 ribu.

Baca juga: DKI pastikan Program Sembako Murah terus ada selama Ramadhan
 
Selain itu, tersedia juga mi instan seharga Rp10 ribu untuk tujuh bungkus mi.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Arlyana Abubakar, sembako murah merupakan program yang dapat menekan inflasi pangan.
 
"(Kegiatan) ini bisa menekan inflasi pangan. Di Jakarta (dilaksanakan) bukan dari sekarang, tapi dari dua bulan yang lalu (Januari 2024). Dan program ini untuk antisipasi agar masyarakat memperoleh pangan dengan harga murah," kata Arlyana.

Selain itu, kegiatan ini disambut baik oleh warga.

Salah satu warga Cengkareng Barat bernama Siti Aminah mengucapkan rasa syukur dengan adanya program sembako murah.

Baca juga: Pasar Jaya pastikan sembako murah tersedia jelang HBKN

"Kalau bisa sampai Lebaran, pak. Apalagi dengan harga Rp100 ribu, di pasar tidak bisa dapat seperti di sini (sembako murah). Harga beras saja yang bagus sekarang sudah naik. Makanya kalau bisa ada terus," ujar Siti.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024